Perbedaan Pajak dengan Retribusi

Untuk melihat perbedaan pajak dan retribusi dapat dilihat dari definisinya.

Definisi pajak:
Kontribusi wajib rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang —sehingga dapat dipaksakan— dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung. Pajak dipungut penguasa berdasarkan norma-norma hukum guna menutup biaya produksi barang-barang dan jasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan umum.contoh adalah PPh, PPN.

Definisi Retribusi:

Pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan/atau diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk kepentingan orang pribadi atau badan.contoh adalah retribusi parkir, retribusi sampah.

Dari definisi pajak dan retribusi dapat diambil kesimpulan bahwa:

  1.  Pajak mendapatkan imbalan secara langsung, sedangkan retribusi memperoleh imbal balik secara langsung.
    Contoh:
    Bila kita membayar Pajak Penghasilan (PPh) kita tidak mendapatkan apapun, namun secara tidak langsung kita telah membantu pembangunan di negara kita, sedangkan bila kita membayar retribusi sampah maka secara langsung sampah kita akan diangkut oleh dinas kebersihan.
  2. Pajak dapat dipaksakan, sedangkan retribusi tidak.
    Contoh:
    Bila kita memiliki kendaraan bermotor maka setiap tahunnya kita wajib membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bila kita tidak membayar, maka kendaraan kita bisa disita oleh pihak yang berwajib, sedangkan bila kita tidak membayar retribusi sampah, maka dinas kebersihan tidak akan memaksakan,hanya saja kita tidak memperoleh pelayanan pengangkutan sampah dari mereka
About these ads

24 Responses to “Perbedaan Pajak dengan Retribusi”


  1. 1 bumikitta Januari 24, 2009 pukul 5:22 pm

    Tugas perpajakan pertama. Sekaligus untuk menerangkan bahwa tidak ada yang namanya pajak parkir, karena banyak orang menggunakan istilah ‘pajak parkir’ waktu bayar parkir. “masa’ di depan rumah harus bayar pajak parkir sih!”, gitu.
    Sebenarnya selain itu perbedaan lain tentang yang mengurus pendapatan tersebut. Kalau pajak diatur oleh pemerintah, retribusi oleh pemda setempat. Dan berbeda dengan pajak daerah yang harus dibagi dengan pemerintah pusat, rettribusi 100% untuk pemerintah daerah.
    Karena tulisan saya terlalu singkat, saya cuma dapat nilai yang dikategorikan B.

  2. 2 bumikitta Maret 31, 2009 pukul 3:48 pm

    Perbedaan pajak dengan cukai

    cukai pada dasarnya adalah pajak yang pemungutanya dilakukan oleh Dirjen Bea dan Cukai. Pajak lain yang dipungut oleh DJBC adalah BM, Bea Keluar, PPh pasal 22, PPnBM. Cukai dikenakan terhadap objek cukai(Barang Kena Cukai) yang kriterianya ada di blog ini.
    Pajak adalah pungutan negara. Yang didalamnya sudah termasuk BM, Bea Keluar, PPh, PPN, cukai, dan lainya.
    Intinya cukai adalah pajak, tidak dibedakan.

  3. 3 yeamo Mei 26, 2009 pukul 5:31 pm

    makasi sangat membantu saya. dalam mengerjakan tugas

  4. 4 sitoh Agustus 21, 2009 pukul 4:07 pm

    ui…ui… numpang lewat y

  5. 5 Fayandi Agustus 21, 2009 pukul 4:20 pm

    Terima kasih…..Tulisan Anda sangat berarti Buat saya dan Indonesia.

  6. 6 bumikitta Agustus 22, 2009 pukul 10:33 pm

    @sitoh
    ano… bukannya saya mau ngelarang obrolan OOT, tapi kalau mau yang seperti itu di about me aja.
    Btw, silakan dan hati2 di jalan. :D

    @fayandi
    sama2. Senang bisa membantu.

  7. 7 Komeng Februari 16, 2010 pukul 12:36 pm

    Itu urusan Pemerintah Pusat dan Daerah deh…rakyat tinggal ikut yang penting sesuai aturan dantidak merugikan

  8. 8 Winda Oktober 11, 2010 pukul 5:17 pm

    Thanx bgtzz iaa,,,
    Artikel mya sangat membantu saya.

  9. 9 sita Oktober 25, 2010 pukul 8:28 am

    kalau pajak daerah dan retribusi bedanya pa?

  10. 10 bumikitta Oktober 25, 2010 pukul 11:12 am

    @sita
    menurut hemat saya
    pajak daerah:
    pajak yang diserahkan ke pemerintahan daerah dan digunakan dalam pembiayaan APBD, yang sifatnya sama seperti pajak(memaksa, dll)[kontribusi wajib kepada Daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan Daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.]. dan pajak daerah ini ada yang merupakan kewenangan pemerintah provinsi dan pemerintah kota.
    contoh jenis pajaknya
    1. pajak rokok (pada dasarnya cukai, namun ini semacam istilah bagi hasil untuk pemda sebesar 70%)
    2. pajak kendaraan bermotor
    3. PBB (diserahkan ke pemda, namun nantinya pengutipannya bukan jadi wewenang dirjen pajak lagi)
    4. air tanah
    5. pajak restoran
    6. BPHTB (kasusnya sama seperti PBB)
    7. pajak sarang burung walet, dan lain-lain.

    UU dapat didownload di sini

  11. 11 dede Maret 17, 2011 pukul 1:54 pm

    aku mau tnya donk ,,
    klo perbedaan permaslahan dan persoalan itu apa ???
    bingung yach …

  12. 12 afrobumi Maret 17, 2011 pukul 5:46 pm

    @dede
    saya juga binggung.. mungkin para pejuang literature lbih bisa menjawabnya

  13. 13 Annisa Maret 31, 2011 pukul 3:02 pm

    Ini sangat membantu saya… :)

  14. 14 Sisilia September 28, 2011 pukul 7:35 pm

    Sipp buat ngerjain tugasku :P

  15. 15 afrobumi September 28, 2011 pukul 7:38 pm

    semoga masih uptodate untuk jaman tugas anak sekarang

  16. 16 Beiker Herd November 22, 2011 pukul 10:15 am

    Terus menulis..
    pintarkan INDONESIA!!
    Go go go

  17. 17 ilham PranTA PutRA Maret 14, 2012 pukul 11:33 pm

    waduuhh… memori templatenya koq besar kali ?
    modem saya jadi lambat nih!!

  18. 18 ilham PranTA PutRA Maret 14, 2012 pukul 11:35 pm

    follow blog saya ya?
    http://info-gulali.blogspot.com/
    (saya sudah follow blog kamu)

  19. 19 afrobumi Maret 15, 2012 pukul 11:37 am

    templatenya masih standar (K2 wordpress gratisan minim java dan image) kok, mungkin Mikunya yang bikin lambat.

  20. 20 afrobumi Maret 15, 2012 pukul 11:42 am

    Ok sudah follow via google reader

  21. 21 ramadhon Mei 18, 2012 pukul 2:52 pm

    Selain yg dijelasiin di atas perbedaan yg lain.a ada gak ??

  22. 22 brigida yuliana Juli 9, 2012 pukul 9:03 pm

    di UU pajak daerah dan Retribusi daerah ada ttg Pajak Parkir dan Retribusi Parkir. bedanya apa? karena sama2 dipungut oleh pemda?

  23. 23 Rinto Gunawan Juli 19, 2012 pukul 11:47 pm

    ketentuan untuk pembayaran pajak eksport palm acid oil atau slude oil sangat membingungkan, apakah admin bisa membantu sekilas.
    thanks

  24. 24 Dhanank Rivaldyikppm Juli 31, 2012 pukul 7:58 pm

    trimakasi,,,karna ada tulisan ni,,tugasq habis,,,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 22 years old. Fond of digital imaging, Japanese musics and stuffs such as manga, anime, and movies. Proud of his afro hair, 'hige', and accident tattoo.

timeline

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

GALLERY

Lacus Clyne Eid Mubarak

full size

Chisaki Hiradaira
Chisaki Valentine
full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: