Contoh Penyesuaian Perusahaan Dagang

Contoh Penyesuaian Pada Perusahaan Dagang For Idiot

Sebenarnya tulisan ini saya buat untuk sarana latihan saya sendiri, tapi berhubung mungkin ada orang yang mengalami kesulitan membuat penyesuaian, jurnal penutup dan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan perakunan perusahaan dagang seperti saya, saya berpikir untuk mempublikasikannya.

Untuk memulai latihan Saya mengambil contoh soal pada bukunya Pak Suwardjono(Dosen UGM). Marilah kita mulai latihan dengan berdoa sejenak *doa dimulai!*………………………………*doa selesai* Amin. Saa, hajimemashou ^^

Firma MINMAN
Daftar Saldo, 31 Desember 2001
(dalam Rupiah)
Kas
8.300.000
Piutang Usaha
5.750.000
Cadangan Penghapusan Piutang
25.000
Piutang Wesel
1.500.000
Sediaan Barang Dadangan
6.700.000
Sediaan Bahan Habis Pakai
650.000
Persekot Asuransi
360.000
Investasi Jangka Panjang Saham
3.000.000
Kendaraan
10.000.000
Depresiasi Akumulasian Kendaraan
1.500.000
Perlengkapan Kantor
2.500.000
Depresiasi Akumulasian Perlengkapan Kantor
250.000
Utang Usaha
6.350.000
Utang Bank
15.000.000
Modal, Aman
12.500.000
Prive, Aman
1.500.000
Modal, Amin
10.000.000
Pribe, Amin
1.500.000
Penjualan
62.550.000
Kembalian Penjualan
1.350.000
Pendapatan Lain-lain
240.000
Pembelian
48.300.000
Potongan Pembelian
1.200.000
Kos Pengangkutan Pembelian
4.600.000
Gaji Pegawai
7.200.000
Biaya Listrik dan Air
1.050.000
Biaya Advertensi
900.000
Biaya Sewa
1.440.000
Biaya Macam-macam
1.515.000
Biaya Bunga
1.500.000
Total
219.230.000

Data penyesuaian yang dikumpulkan pada, 31 Desember 2001 adalah sebagai berikut:

  1. Setelah dihitung secara fisik, diperoleh data bahwa kos seluruh sediaaan rempah-rempah dan hasil bumi yang masih ada di gudang adalah Rp 16.750.000
  2. Cadangan Rugi Piutang Macet ditetapkan sebesar 4% dari piutang dagang akhir tahun.
  3. Pendapatan dividen(pendapatan lain-lain) yang masih harus diterima Rp 60.000.
  4. Didalam jumlah Rupiah Pendapatan lain-lain termasuk pendapatan bunga wesel diterima dimuka sebesar Rp 30.000.
  5. Pemakaian bahan habis pakai selama tahun 2001 adalah sebesar Rp 240.000
  6. Biaya Asuransi setelah diperhitungkan adalah Rp240.000
  7. Depresiasi Kendaraan ditentukan sebesar 10% per tahun.
  8. Depresiasi Perlengkapan kantor sebesar 5% per tahun.
  9. Gaji pegawai bulan desember 2001 yang belum dibayar adalah Rp 900.000
  10. Biaya Sewa ruang dan gudang untuk 2001 adalah Rp 960.000.
  11. Bunga Utang bank adalah 12% per tahun dibayar dibelakang tiap tanggal 1 Mei dan 1 November
  12. Pajak Persekutuan ditaksir sebesar 20% dari laba bersih

Data tambahan:
Laba di bagi dengan ketentuan sebagai berikut.

  • masing masing firman (sekutu) mula mula mendapatkan bagian sebesar 9% dari modal awal
  • masing-masing firman mendapatkan bagian setara gaji yaitu Aman Rp 600.000 dan Amin Rp 500.000 per tahun
  • sisa laba(atau) rugi dibagi dengan ketentuan Aman 70% dan Amin 30%
  • Buatlah jurnal penyesuaian, kertas kerja, laporan laba rugi, perubahan modal, neraca, jurnal penutup, jurnal penyesuaian kembali!!!

    1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah melihat dulu yang mana yang debit dan yang kredit.
      Yang kredit adalah:

      • yang mengurangi aset(cadangan penghapusan piutang, depresiasi akumulasian)
      • yang bersifat pendapatan, utang, potongan pembelian
    Firma MINMAN
    Daftar Saldo, 31 Desember 2001
    (dalam Rupiah)
    Kas
    8.300.000
     
    Piutang Usaha
    5.750.000
     
    Cadangan Penghapusan Piutang  
    25.000
    Piutang Wesel
    1.500.000
    Sediaan Barang Dadangan
    6.700.000
    Sediaan Bahan Habis Pakai
    650.000
    Persekot Asuransi
    360.000
    Investasi Jangka Panjang Saham
    3.000.000
    Kendaraan
    10.000.000
    Depresiasi Akumulasian Kendaraan
    1.500.000
    Perlengkapan Kantor
    2.500.000
    Depresiasi Akumulasian Perlengkapan Kantor
    250.000
    Utang Usaha
    6.350.000
    Utang Bank
    15.000.000
    Modal, Aman
    12.500.000
    Prive, Aman
    1.500.000
    Modal, Amin
    10.000.000
    Pribe, Amin
    1.500.000
    Penjualan
    62.550.000
    Kembalian Penjualan
    1.350.000
    Pendapatan Lain-lain
    240.000
    Pembelian
    48.300.000
    Potongan Pembelian
    1.200.000
    Kos Pengangkutan Pembelian
    4.600.000
    Gaji Pegawai
    7.200.000
    Biaya Listrik dan Air
    1.050.000
    Biaya Advertensi
    900.000
    Biaya Sewa
    1.440.000
    Biaya Macam-macam
    1.515.000
    Biaya Bunga
    1.500.000
    Total 109.615.000
    109.615.000

    Ingat selalu cek jumlahnya, kalau tidak seimbang berarti ada kesalahan dalam penentuan debit atau kreditnya.

    1. Membuat Jurnal Penyesuaian

    INGAT! Kalau tidak ada perintah tidak boleh membuat akun baru anda diperkenankan untuk membuat akun baru. Dalam penambahan akun baru harus relevan dengan akun pasangannya. Coba lihat dulu dengan teliti akun yang mau dibuat agar tidak double akun.

    Disini akan saya jelaskan satu per satu:

      1. Disini didapati sediaan pada akhir tahun adalah 16.750.000, maka sediaannaya harus di munculkan dengan akun laba rugi. seperti ini:
    Tanggal Akun F Debit Kredit
    Des 31

    Laba Rugi
    Sediaan Barang Dagangan Awal

     

    6.700.000

    6.700.000

       

    Sediaan Barang Dagangan Akhir
    Laba Rugi

     

    16.750.000

    16.750.000

    Sebenarnya tidak ada sediaan akhir ataupun awal hanya mempermudah saja.

      1. Cadangan Rugi piutang macet diihat dari piutang dagang, karena ini perusahaan dagang maka piutang dagang adalah piutang usaha.
        4% dikali dengan 5.750.000 = 230.000
    Tanggal Akun F Debit Kredit
    Des 31

    Rugi Piutang Macet

     
    205.000
       

    Cadangan penghapusan piutang

     

    205.000

    Yang ditulis di penyesuaian adalah 205.000 karena pada awal tahun cadangan penghapusan piutang sudah ada 25.000, jadi ditulis 205.000 walaupun pada saat pelaporan ditulis 230.000.

      1. Pendapatan dividen adalah piutang yang harus diterima pada akhir tahun.
    Tanggal Akun F Debit Kredit
    Des 31

    Piutang Dividen

     
    60.000
       

    Pendapan Lain-lain

     

    60.000

    Pendapatan Dividen ditulis Pendapatan lain-lain dikarenakan dalam soal telah ditentukan pendaptan dividen dituis dalam pendapatan lain-lain.

      1. Didalam pendapatan lain-lain ada pendapatan diterima dimuka(utang), maka pendapatan lain-lain harus dikurangi.
    Tanggal Akun F Debit Kredit
    Des 31

    Pendapatan Lain-lain

     
    30.000
       

    Bunga wesel diterima di muka

     

    30.000

      1. Pemakain bahan habis pakai mengurangi jumlah sediaan habis pakai
    Tanggal Akun F Debit Kredit
    Des 31

    Pemakaian Bahan Habis Pakai

     
    425.000
       

    Sediaan Bahan Habis Pakai

     

    425.000

      1. Biaya asuransi untuk tahun 2001 hanyalah 240.000, maka sisa dari persekot asuransi harus dikembalikan.
    Tanggal Akun F Debit Kredit
    Des 31

    Biaya Asuransi

     
    240.000
       

    Persekot Asuransi

     

    240.000

      1. Depresiasi 10% dikalikan dengan aset yang mengalami depresiasi yaitu kendaraan senilai 10.000.000 = 1.000.000 dan dimasukan ke akumulasian.
    Tanggal Akun F Debit Kredit
    Des 31

    Depresiasi Kendaraan

     
    1.000.000
       

    Depresiasi Akum. Kendaraan

     

    1.000.000

      1. Sama seperti no. 7, 5% dikali 2.500.000 = 125.000 dan di masukkan ke akumulasian.
    Tanggal Akun F Debit Kredit
    Des 31

    Depresiasi Perl. Kantor

     
    125.000
       

    Depresiasi Akum. Perl. Kantor

     

    125.000

      1. Gaji yang belum dibayar adalah utang, dan menambah jumlah gaji yang dibayar.
    Tanggal Akun F Debit Kredit
    Des 31

    Gaji Pegawai

     
    900.000
       

    Utang Gaji

     

    900.000

      1. Karena biaya sewa 960.000, persekotnya biaya sewa = biaya sewa – biaya sewa 2001
    Tanggal Akun F Debit Kredit
    Des 31

    Persekot Sewa

     
    480.000
       

    Biaya Sewa

     

    480.000

      1. Bunga bank dibayar setiap 1 mei dan 1 november, berarti tahun 2001 seharusnya utang MINMAN sudah lunas, tapi karena belum waktunya dibayar jadi sisa 2 bulan. Kita tinggal mencari utang MINMAN yang 2 bulan.
        Cari dulu utang untuk 1 bulan. 15.000.000 x 12% = 1.800.000, 1.800.000 dibagi 12 = 150.000. Utang selama 2 bulan = 300.000
    Tanggal Akun F Debit Kredit
    Des 31

    Biaya Bunga

     
    300.000
       

    Utang Biaya Bunga

     

    300.000

      1. Untuk mengetahui besar kita harus tahu berapa besar laba bersih melalui laporan laba rugi. Anggap kita sudah tahu sebesar 700.000.
    Tanggal Akun F Debit Kredit
    Des 31

    Pajak penghasilan taksiran

     
    700.000
       

    Utang Pajak Penghasilan

     

    700.000

     

    1. Membuat Kertas Kerja.
      Caranya mudah hanya memindahkan data dari jurnal penyesuaian, kemudian di kolom daftar saldo sesuaian tinggal mennyesuaikan data sebelumnya debit+debit, kredit-kredit, debit-kredit, tidak ada nilai negatif isi di kolom yang bernilai.
      Karena kertas kerjanya tidak muat disini anda dapat mendownloadnya di sini.
    2. Membuat laporan laba rugi.
      Dalam membuat laporan laba rugi perusahaan dagang agak sedikit berbeda dengan jasa karena pendapatan perusahaan jasa berasal dari penjalan-pembelian. Kira-kira proses sederhananya adalah mencari pejualan bersih, mencari kos barang terjual yang dicari dari selisih sediaan awal + pembelian(setelah dikurangi/di+i perabotannya) – sediaan akhir, dan mengurangkannya.

      lengkapnya:

      Firma MINMAN
      Laporan Laba Rugi
      Untuk tahun berakhir,31 Desember 2001
      (dalam Rupiah)
      Penjulan    
      62.550.000
      Kembaliaan Penjualan    
      1.350.000
      Penjualan Bersih    
      61.200.000
             
      Sediaan Barang Dagang Awal  
      6.700.000
       
      Pembelian
      48.300.000
         
      Potongan Pembelian
      1.200.000
         
      Pembelian Bersih
      47.100.000
         
      Kos Pengangkutan Pembelian
      4.600.000
         
      Kos Barang Terbeli  

      51.700.000
       
      Kos Barang Tersedia U Dijual  
      58.400.000
       
      Sediaan Barang Dagang Akhir  
      16.750.000
       
           
      14.650.000
      Laba Kotor    
      19.550.000
      Biaya Operasi      
      Gaji Pegawai  
      8.100.000
       
      Biaya Listrik dan Air  
      1.050.000
       
      Biaya Advertensi  
      900.000
       
      Biaya Sewa  
      960.000
       
      Biaya Asuransi  
      240.000
       
      Pemakaian Bahan Habis Pakai  
      425.000
       
      Depresiasi Kendaraan  
      1.000.000
       
      Depresiasi Perl. Kantor  
      125.000
       
      Rugi Piutang Macet  
      205.000
       
      Biaya Macam-macam  
      1.515.000
       
           
      14.520.000
      Pendapatan Lain-lain  
      270.000
       
      Biaya Bunga  
      1.800.000
       
           
      (-)1.530.000
      Laba bersih sebelum pajak    
      3.500.000
      Pajak penghasilan taksiran    
      700.000
      Laba setelah pajak    
      2.800.000

      Penjualan pengurangnya adalah kembalian, potongan penjualan.
      Pembelian pengurangnya adalah
      potongan pembelian, sediaan barang dagangan akhir.
      Kalau ada pendapatan lain maka dijumlah dengan penjualan(dalam soal ini harganya negatif)

    3. Membuat modal dan neraca
      Modal dan Neraca pada perusahaan dagang dan jasa sama saja. Hasilnya bisa di download di sini
    4. Jurnal Penutup
      Pada jurnal penutup tugasnya adalah setiap rekening pendapatan didebetkan untuk menghasilkan saldo nol dan total jumlah rekening yang akan ditutup dikreditkan ke laba rugi.Lalu tahun fiskal yang baru dimulai dengan saldo bernilai nol pada rekening pendapatan dan beban, dengan saldo rugi laba memberikan pendapatan bersih atau rugi bersih pada tahun sebelumnya.
      Sederhanyanya adalahj untuk memulai pembukuan yang beru setiap pendapatan dan beban harus pada posisis nol. Semua pendapatan dikreditkan di laba rugi(yang di kredit pada kertas kerja kolom laba rugi), segala macam biaya didebitkan di laba rugi(yang ada di debit pada kerts kerja kolom laba rugi). Modal didebit di Laba Rugi, Prive didebit ke modal.
      Hasil kongkretnya lihat di sini.
    5. Jurnal Penyesuaian Kembali
      Jurnal penyesuaian kembali (pembalik) adalah metode akuntansi yang membalik jurnal penyesuaian khusus yang dibuat pada akhir periode lalu. Tidak semua jurnal penyesuaian perlu dibalik. Jurnal pembalik dibuat pada awal periode, dan menjadi jurnal untuk sisa transaksi rutin. Nilai yang digunakan dalam jurnal pembalik sama dengan nilai yang digunakan dalam jurnal penyesuaian.
      Yang perlu disesuaikan kembali adalah akun yang bermasalah pada akhir tahun. Misalnya segala piutang, pendapatan diterima dimuka, utang, persekot.
      Carannya mudah jika pada saat penyesuaian Biaya ada di debit dan utang ada di kredit, maka sekarang utang di debit, biaya di kredit. Masalah yang sama juga berlaku pada yang lainnya.

    Masalah selesai.

    Every human have their own limit, but no one knows their limit until the time they die. So ‘ganbatte ne! shinu hibi made! (afro bumi)

    About these ads

    25 Responses to “Contoh Penyesuaian Perusahaan Dagang”


    1. 1 bumikitta Maret 28, 2009 pukul 6:14 pm

      Dalam mengerjakan soal seperti ini menurut saya yang terpenting adalah saat penyesuaiannya.
      Kalau penyesuaiannya sudah benar(peletakan debit-kredit dan valuenya) yang lainya sudah pasti benar kecuali anda silap(baca:miss).
      Terimakasih.

    2. 2 kucing ganteng gila kawin April 28, 2009 pukul 5:03 pm

      aaarrrrgggghhhhh,,,

      akuntansi….

      parah!

    3. 3 epi Juni 15, 2009 pukul 9:49 am

      makasi bgt masukannya. . .
      kasi lagi donk contoh2 yang mudah dipahami. . .

    4. 4 bumikitta Juni 19, 2009 pukul 11:13 pm

      Ternyata penjelasan saya ini mudah dimengerti juga rupanya.
      rencananya mau bikin lagi sih..

    5. 5 rizal_dmk Januari 17, 2010 pukul 7:04 pm

      penjelasannya bagus, tolong kasih lagi contoh lain pake istilah akuntansi

    6. 6 bumikitta Januari 17, 2010 pukul 10:15 pm

      saya coba lihat file tugas yang lama, deh

    7. 7 rini Oktober 9, 2010 pukul 10:40 am

      mmmm makasi materiY brguna bnget

    8. 8 bumikitta Oktober 11, 2010 pukul 7:36 pm

      sama-sama.
      Namun maaf, file tambahannya sudah expired. dan back up nya gak ada

    9. 9 sugik Maret 3, 2011 pukul 9:19 am

      kalo jurnal penyesuain yang menggunakan metode penutup itu gmna bre , , ,, ?

    10. 10 afrobumi Maret 7, 2011 pukul 9:19 am

      maaf tak bisa membantu.. sudah 3 tahun saya tinggalkan akuntansi..
      tapi aku gak pernah ingat ad medote penutup. yang ada kan fisik, perpetual, beban :mrgreen:

    11. 11 Bebby Lazista Hillton April 23, 2011 pukul 11:54 am

      akuntansi,parahhhhhh,,,,,,,,,,,,
      tp cakep ni contohnya,,nmbah2 wawasan,,thank u

    12. 12 Naninda Adlya' Multazam September 30, 2011 pukul 10:45 am

      istilah retur penjualan tolong yang benar donk

    13. 13 afrobumi September 30, 2011 pukul 11:16 am

      kemarin aku ikut istilah buku. sorry kalau istilah akuntansinya salah

    14. 14 fantasi November 3, 2011 pukul 12:27 pm

      semangat kaka..

    15. 15 Faudumbowo ndruru Januari 5, 2012 pukul 11:40 pm

      Penjelasan ini kurang jelas,karena penyusan jurnal penyesuaian dan laporan keungan tidak jelas.

    16. 16 Arnold Victor Situmorang Februari 20, 2012 pukul 10:16 am

      mantap dan sangat bermanfaat .. TKS byk

    17. 17 noviia Maret 5, 2012 pukul 6:14 pm

      qo beda yaa? kalo saya pernah di ajarin yg penyesuaian no 3….
      caranya: piutang usaha – nominal di data penyesuaian= jurnal penyesuaian
      Rp. 5.750.000 – Rp. 600.000= Rp. 5.150.000…..
      jd bingung….

    18. 18 afrobumi Maret 5, 2012 pukul 6:25 pm

      Maksudnya yang no.3 yang mana?

    19. 19 canri maringan simarmata Mei 20, 2012 pukul 9:30 pm

      q memank kekelahan menjwab soal akuntansi ini adalah jurnal penyesuaian

    20. 20 noviia Mei 22, 2012 pukul 2:01 pm

      penyesuaian no 3, tentang pendapatan deviden…

    21. 21 musangila Agustus 30, 2012 pukul 11:43 am

      T.x buat infonya.. :)

    22. 22 Iqka Oktober 19, 2012 pukul 10:37 pm

      bergunaa banget buat saya :)
      makasih yaa

    23. 23 Http://onlineschoolhelp.com Januari 7, 2013 pukul 1:40 pm

      Hi there to every body, it’s my first go to see of this weblog; this web site carries awesome and in fact good information designed for readers.

    24. 24 chintya priskila m. November 4, 2013 pukul 1:31 am

      trimakasih sekaliii saya bsa mengerjakan pr dr pa suwardjono ini :’(


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s




    About me

    me

    I am currently 22 years old. Fond of digital imaging, Japanese musics and stuffs such as manga, anime, and movies. Proud of his afro hair, 'hige', and accident tattoo.

    Tulisan Teratas

    timeline

    Maret 2009
    S S R K J S M
    « Feb   Apr »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Kategori

    GALLERY

    Chisaki Hiradaira
    Chisaki Valentine
    full size

    Chitoge Happy Easter

    full size

    Contact

    aacom_jaksen@yahoo.com

    bumikitta.wordpress.com

    Arsip


    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: