Ada sebuah jaminan

Waktu itu saya sempat bingung tentang rumor yang beredar bahwa anak STAN tidak ada ikatan dinas.  Ternyata ada!

Beberapa hari yang lalu saya dikirimi e-mail yang berisi surat Perjanjian Wajib Kerja Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan, dan seingat saya dulu waktu daftar ulang saya disuruh tanda tangan surat ikatan dinas juga. Surat itu dipertanggung jawab-i oleh kepala balai diklat daerah masing-masing mewakili menteri keuangan dengan surat kuasa khusus berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 289/KMK.014/2004. Dalam pasal 6 :

(1) Lulusan Program Diploma Bidang Keuangan, kecuali lulusan yang berasal dari mahasiswa tugas belajar, diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil pada Departemen Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik pusat maupundaerah menurut ketentuan kepegawaian yang berlaku.

(2) Lulusan Program Diploma Bidang Keuangan yang berasal dan mahasiswa tugas belajar ditempatkan kembali pada Departemen Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik pusat maupun daerah menurut ketentuan kepegawaian yang berlaku.

Dari judul perjanjiannya berarti perjanjian ini berlaku ke semua program diploma keuangan. Saya sendiri berasal dari BC, jadi agak sedikit was-was karena pelajaran yang kami terima di perkuliahan tidak bisa diterapkan di lingkungan luar(namanya juga spesialis BC). Kalau seorang mahasiswa seperti saya telah lulus dan tidak diterima sewaktu penerimaan pegawai(ujian cpns), mau kemana kami? kalau D1 tidak terlalu banyak waktu yang terbuang, tapi kalau D3 mau kemana? Lagi pula untuk apa ada USM kalau toh nanti waktu perekrutannya ada ujian lagi. Kan sia-sia uang yang keluarkan untuk USM dan pendidikan STAN.

Dengan ini saya sedikit lega,  walaupun tetap ada ujuan cpns yang katanya cuma formalitas setidaknya ada jaminan bahwa kerja keras kuliah di STAN tidak sia-sia. Bukan karena saya takut tidak bisa bersaing, tapi  apa yang diujikan di tes cpns itu bukan hal yang kami pelajari sewaktu kuliah, kecuali b.indo dan b.ing. Lagi pula yang tau tentang lingkungan BC kan kami yang di-didik  selama minimal 1 tahun(D1) dan 3 tahun(D3), dari pada orang luar yang di-didik cuma 3 bulan paling lama. Apa mereka bisa?

4 Responses to “Ada sebuah jaminan”


  1. 1 ninja Desember 25, 2008 pukul 11:42 pm

    sok tau ente, tapi kayaknya memang begitu. Mentor/pengajar(dia ga mau disebut dosen) saya pernah bilang begitu.
    “Sebenarnya kalian itu sudah pasti lho”, katanya.

  2. 2 bumikitta Desember 29, 2008 pukul 5:41 pm

    Setelah melakukan sedikit diskusi dengan teman saya, kalau tidak lulus tes cpns yang berasal dari KMK No. 472/KMK.01/2007 kita bisa dicampakkan ke instansi lain atau coba lagi tahun depan katanya. Tergantung dari permintaan instansi terkait. peraturan ini berlaku untuk angkatan 2007/2008 dan seterusnya.

  3. 4 M.A.A Juli 14, 2009 pukul 11:32 am

    Download Gratis Soal STAN Crash Program 2009, sebagai bahan referensi USM STAN 2009,klik link : http://www.ziddu.com/download/5598085/SoalSTANCrashProgram2009.rar.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: