Uji Coba USM Sekolah Tinggi

USM 1 MARET.jpg Baru – baru ini saya dan teman – saya baru melakukan Try Out GRATIS secara swadaya. TO-nya kami adakan di kota tempat saya sekarang bernaung dengan peserta siswa-siswa SMA yang kami batasi.
Tidak ada kriteria khusus dalam memilih SMA, hanya saja  kami memilih SMA yang dekat dengan lokasi dan siswanya punya minat untuk bergabung ke Sekolah Tinggi AN tersebut. Alasannya adalah waktu penyelenggaraan yang sangat terjepit (kami sibuk UAS, peserta sibuk UN) jadi tidak ada waktu untuk sosialisasi dan promosi jauh-jauh. Walaupun acara ini sebenarnya dilakukan untuk sosialisasi Sekolah Tinggi tersebut tapi karena waktu jadi tidak maksimal.
Sebelum melaksanakan TO kami terlebih dahulu mendata tiap peserta dari masing-masing sekolah dan sekalian sosialisasi. Ternyata di kota yang cukup besar ini masih banyak sisawa yang belum mengetahui tentang Sekolah Tinggi tersebut. Tentang tata cara masuk, jurusan yang tersedia. Saya baru sadar ternyata Sekolah Tinggi ini belum begitu populer dibandingkan dengan Institut Teknologi Bergengsi dan Universitas Impian.
Kebanyakan siswa (dari sekolah bergengsi tinggi) di ini tidak terlalu berminat untuk masuk ke Sekolah Tinggi tersebut. Bahkan ada sekolah yang menolak untuk kami masuki, alasannya tidak ada jam kosong.
Saya tidak tahu persis alasan mereka tidak terlalu tertarik untuk masuk ke Sekolah Tinggi tersebut. Tapi menurut saya (pertimbangan saya dan penasihat-penasihat saya) ada beberapa hal, yaitu:
1. Tidak ada kejelasan tentang ikatan dinas
Karena yang dipelajari di perkuliahan adalah pelajaran spesialis kalau tidak masuk ke departemen tersebut, mau kerja dimana. Waktu sudah terbuang 3  tahun.
2. Ilmu yang terbuang
Karena mereka pikir mereka adalah ahli ilmu matematika dan logika(misalnya) alangkah sayangnya ilmu mereka hanya dianggap ilmu sampingan dalam perkuliahan dan pekerjaan.
3. Susah untuk kaya
Kalaupun ada ikatan dinas penghasilan yang mereka terima tidak akan membawa mereka jadi kaya. Kecuali jadi Direktur Jendral yang gaji + tunjangan bisa sampai 70 juta-an(Rupiah Februari 2009). Atau melakukan kecurangan.
4. Jalur masuk melalui Sekolah Tinggi tersebut jenjang karir masih di bawah jenjang karir penerimaan sarjana
Tapi ada juga teman saya yang sudah tingkat II di Pertambangan memilih bergabung di Sekolah Tinggi tersebut.
Kemabali ke pelaksanaan TO
TO nya berjalan lancar, tingkat kehadiran mencapai 90%-an, siswa cukup kooperatif.
Kebetulan saya bertugas sebagai salah satu pengawas, jadi langkah kerja saya:
1. Tampil berwibawa(red: sok keren)
Penuhi diri dengan Wibawa Ilahi dengan berdoa, terus tampil rapi
2. Ramah
Panggilah peserta dengan kata sapaan yang tidak merendahkan. Walaupun mereka adik(umur) saya memanggil mereka dengan sebutan ‘kawan’, ‘mas’. Ada juga rekan saya yang memanggil ‘coy’, ‘bos’, ‘bro’ ; kalau yang begitu saya kurang mengerti.
3. Maksimalkan pelayanan
Usahakan anda yang capek . Seperti membagikan lembar jawaban dan soal, minuman, absent, dan mengutip lembar jawaban dilakukan tampa merepotkan peserta ujian.
4. Katakan tips ujian dan peraturan di awal ujian
Saya mengawali ujian dengan kata-kata :

Ujian ini adalah sarana gratis untuk menguji kemampuan anda, sejauh mana anda mampu mengerjakan soal dengan level seperti ini, bukan untuk mencari kelulusan di TO, tapi kelulusan di USM yang sebenarnya.
Saya sebenarnya tidak begitu suka kecurangan dalam bentuk mencontek, tapi mencontek adalah salah satu strategi untuk lulus. Jadi usahakan mencontek secara ‘cantik’.

Suruh juga mereka berdoa masing-masing.

===========================

Buat yang mau download contoh soal + kunci jawaban USM STAN kami di sini
TO USM.doc

1 Response to “Uji Coba USM Sekolah Tinggi”



  1. 1 Uji Coba USM Sekolah Tinggi Lacak balik pada Maret 5, 2009 pukul 1:21 am

Tinggalkan Balasan

About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


