Bea Keluar dan Perhitungannya

Bea Keluar adalah pungutan negara berdasarkan undang-undang mengenai kepabeanan yang dikenakan terhadap barang ekspor. Dulunya istilah bea keluar tidak ada sejak UU no.10 tahun 1995. Dan istilah yang digunakan untuk itu adalah pajak ekspor. Dan sekarang Pajak ekspor berubah menjadi bea keluar.

Mengapa begitu?

Menurut beberapa sumber alasannya adalah dulunya pemerintah ingin menggalakkan ekspor tanah air, karena banyaknya barang impor dan sedikit ekspor. Jadi pemerintah berencana untuk membuat tariff ekpor menjadi 0%, dan mempermudah semua ekspor. Tapi hal tersebut membuat eksportir menjadi kelepasan control sampai pada barng yang diatur, diawasi, dan dilarang. Sebagai contoh ekspor pasir yang berlebihan ke Singapura. Karena itu ekspor pasir telah dilarang.
Menyadari kesalahan pada masa lalu pemerintah membuat peraturan baru mengenai pengutan Negara untuk barag keluar ini. Dibuatlah Bea Keluar.

Bea keluar bertujuan untuk
a. menjamin terpenuhinya kebutuhan dalam negeri;
b. melindungi kelestarian sumber daya alam;
c. mengantisipasi kenaikan harga yang cukup drastis dari
komoditi ekspor tertentu di pasaran internasional; atau
d. menjaga stabilitas harga komoditi tertentu di dalam
negeri.
Penetapan barang yang dikenai bea keluar adalah berdasarkan Menteri Keuangan dengan pertimbangan menteri yang berkaitan dengan barang tersebut(Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, Badan-badan lain). Begitu juga dengan tarifnya berdasarkan Menteri Keuangan, dan pertimbangan menteri lainnya. Tarif Bea Keluar ditetapkan paling tinggi:

  1. 60% (enam puluh persen) dari Harga Ekspor, dalam hal Tarif Bea Keluar ditetapkan berdasarkan persentase dari Harga Ekspor (advalorum); atau
  2. nominal tertentu yang besarnya equivalen dengan 60% (enam puluh persen), dalam hal Tarif Bea Keluar ditetapkan secara spesifik.

Cara Perhitungan:

    Advalorum(Harga Ekspor)
    Tarif bea keluar x Jumlah Satuan Barang x Harga Ekspor x Nilai tukar mata uang
    Spesifik
    Tarif Bea Keluar Per Satuan Barang Dalam Satuan Mata Uang Tertentu x Jumlah Satuan Barang x Nilai Tukar Mata Uang.

Pembayaran Bea Keluar
Bea Keluar harus sudah dibayar paling lambat pada saat penyampaian Pemberitahuan Pabean Ekspor di Kantor Pabean1. Dan harus dibayarkan dalam mata uang Rupiah. Nah, nilai tukar mata uang yang dipakai adalah nilai mata uang pada saat pembayaran. Nilai tukar mata uang ini ditetapkan seminggu sekali.
Setelah itu Pejabat Bea dan Cukai dapat menetapkan perhitungan Bea Keluar dalam waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal Pemberitahuan Pabean Ekspor disampaikan.
Dalam hal penetapan mengakibatkan kekurangan pembayaran Bea Keluar, Eksportir wajib melunasi Bea Keluar yang kurang dibayar sesuai dengan penetapan Pejabat Bea dan Cukai.
Dalam hal kekurangan pembayaran Bea Keluar disebabkan oleh kesalahan jumlah dan/atau jenis barang, Eksportir dikenakan sanksi administrasi berupa denda paling sedikit 100% (seratus persen) dari Bea Keluar yang kurang dibayar dan paling banyak 1000% (seribu persen) dari Bea Keluar yang kurang dibayar sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Terhadap kesalahan jumlah dan/atau jenis yang mengakibatkan perbedaan perhitungan Bea Keluar atas barang ekspor Eksportir tidak dikenakan sanksi administrasi berupa denda.
Dalam hal penetapan mengakibatkan kelebihan pembayaran Bea Keluar, pengembalian Bea Keluar dibayar sebesar kelebihannya.
Kekurangan pembayaran Bea Keluar dan/atau sanksi administrasi berupa denda yang terutang, wajib dibayar dalam waktu paling lama 60 (enam puluh) hari sejak tanggal penetapan.
Dalam hal batas waktu dilewati, dikenai bunga sebesar 2% (dua persen) setiap bulan untuk paling lama 24 (dua puluh empat) bulan dan bagian bulan dihitung 1 (satu) bulan.
Pembayaran kekurangan Bea Keluar dan/atau sanksi administrasi berupa denda dilakukan secara tunai.
Atas permintaan orang yang berutang, Direktur Jenderal dengan persyaratan tertentu dapat memberikan persetujuan penundaan atau pengangsuran atas kekurangan pembayaran dalam waktu paling lama 12 (dua belas) bulan sejak tanggal penetapan kekurangan pembayaran Bea Keluar dan/atau sanksi administrasi berupa denda.
Penundaan atau pengangsuran dikenai bunga sebesar 2% (dua persen) setiap bulan dan bagian bulan dihitung 1 (satu) bulan.

Keberatan
Eksportir yang berkeberatan terhadap penetapan Pejabat ea dan Cukai mengenai perhitungan Bea Keluar dan sanksi administrasi berupa denda, dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada Direktur Jenderal dalam waktu paling lama 60 (enam puluh) hari sejak tanggal penetapan dengan menyerahkan jaminan sebesar tagihan yang harus dibayar.
Direktur Jenderal memutuskan keberatan dalam waktu paling lama 60 hari sejak diterimanya pengajuan keberatan secara lengkap.
Apabila keberatan ditolak oleh Direktur Jenderal, jaminan dicairkan untuk membayar Bea Keluar dan/atau sanksi administrasi berupa denda yang ditetapkan.
Apabila dalam jangka waktuDirektur Jenderal tidak memberikan keputusan, keberatan yang bersangkutan dianggap dikabulkan dan
jaminan dikembalikan.
Apabila jaminan berupa uang tunai dan pengembalian jaminan dilakukan setelah jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sejak keberatan dikabulkan, pemerintah memberikan bunga sebesar 2% setiap bulannya paling lama 24 (dua puluh empat) bulan.
Eksportir yang berkeberatan terhadap penetapan Direktur Jenderal atas sanksi administrasi berupa denda sebagaima, perhitungan Bea Keluar, atau keputusan Direktur Jenderal dapat mengajukan permohonan banding kepada Pengadilan Pajak dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari sejak tanggal penetapan atau tanggal keputusan, setelah pungutan yang terutang dilunasi.
Pengembalian Bea Keluar dapat diberikan terhadap seluruh
atau sebagian Bea Keluar yang telah dibayar atas :

  1. barang yang dibatalkan ekspornya atau tidak jadi diekspor;
  2. kesalahan tata usaha;
  3. kelebihan pembayaran Bea Keluar akibat keputusan keberatan; atau
  4. kelebihan pembayaran Bea Keluar akibat putusan Pengadilan Pajak.
  5. kelebihan pembayaran Bea Keluar akibat penetapan perhitungan Bea Keluar

1 Response to “Bea Keluar dan Perhitungannya”


  1. 1 agung indrawan Januari 29, 2014 pukul 4:09 pm

    klo mau expor biji kopi apa aja bos dokumen pendukungnya, bea keluar ga bos


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: