Hari Bumikitta

Selamat(-kan) hari Bumi 22 April 2008.
Hari bumi yang pertama kali diadakan pada tahun 1970 sebagai bentuk penghargaan terhadap bumi dan kesadaraan terhadap kondisi lingkungan sekitar. Mulai tahun 1990 hari bumi telah diperingati secara global, dengan 141 negara peserta dan 200juta orang. Di Indonesia sendiri banyak juga organisasi mahasiswa atau pun masyarakat yang ikut memperingati hari bumi ini, seperti Wahli yang mengkampanyekan sepeda ontel, mahasiswa studi kelautan biologi UGM yang membersihkan pantai, dan kegiatan lain yang tidak diliput media.

Kondisi bumikitta ini sudah tua dan mungkin beberapa orang mulai tidak nyaman dengan keadaan yang sekarang. Bumikitta telah mengalami pemanasan yang luar biasa, ketidak-stabilan alam sebagai efek dari apa yang kita perbuat pada alam. Cara kita(manusia) untuk dapat bertahan hidup di bumi ini telah menghancurkan kita sendiri, mungkin tidak secara langsung tapi keturunan kita yang ke-dua dan seterusnya pasti akan sangat berasa efeknya.

Saya kadang tidak mengerti kenapa Tuhan menciptakan begitu banyak species makhluk hidup di bumi ini. Pastinya ada tujuannya, yang kita sebagai manusia belum bisa mengerti kegunaan makhluk tersebut. Menjaga keseimbangan? Bisa diatasi dengan menyeimbangkannya kembali dengan ikut memusnahkan faktor yang membuat tidak seimbang. Walaupun saya tidak mengerti, tapi saya percaya bahwa setiap makhluk itu ada gunanya secara langsung bagi manusia. Tapi kenapa ada pihak yang belum tau(kegunaannya) berani memusnahkan makhluk yang belum dikenal, dengan menebang hutan, perburuan massal, dan lain sejenisnya.

Sekarang posisi manusia sudah sebagai faktor penyebab tidak seimbangnya bumikitta ini. Coba banyangkan bumi tanpa kehadiaran manusia, mungkin umur bumi bisa lebih panjang 10 kali lipat. Jumlah manusia sudah terlalu banyak, industri yang membutuhkan lahan besar, perkebunan yang tidak sejalan dengan lingkungan sekitarnya sudah menyingkirkan kehidupan lain selain kita. Manusia mulai menyingkirkan lawan-lawannya pada puncak rantai makanan. Kenapa pula manusia butuh harimau, beruang kutub, dan lain sederajat. Apa hanya untuk dilihat dan dikenalkan kepada anak-anak kita? Posisi mereka bisa kita ambil alih sebagai makhluk yang berada di puncak.

Mungkin suatu saat nanti kita hanya akan mengenal apa yang kita dapatkan sekarang. Mungkin keadaa masa depan nanti bumi sudah sangat padat, semua akan serba sintetis. Pada masa depan nanti daging sapi akan diproduksi seperti makanan cepat saji, atau kita makan hanya dengan suntikan(di-charge infus sewaktu tidur) sehingga kita tidak membutuhkan makhluk lain.

Semua itu adalah sikap kita dan manusia jaman industri dulu yang mewariskan pada kita paham mementingkan diri sendiri, mementingkan masanya tanpa melihat kedepan. Coba anda pikir mungkin saja ada makhuk yang bisa menjadi pemecah masalah kesehatan kita sekarang atau lainya. Mungkin saja diantara tumbuhan yang punah akibat ekspansi kita ke hutan adalah anti virus HIV, atau yang lainya. Karena sudah musnah penyakit AIDS tidak akan pernah disembuhkan, dan mungkin dengan cara ini pula kita akan musnah.

Saya bukan menyalahkan orang lain tapi kita sesama penghuni bumi setidaknya saling menghormati, dan menjaga batas masing-masing. Mulailah mencintai lingkungan kita dengan cara apa saja, karena kalu tidak dimulai dari sekarang kapan lagi? Sedikitpun itu sudah sangat membantu apalagi jiak diwariskan kepada keturunan mu.

Selamatkan bumikitta!

0 Responses to “Hari Bumikitta”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: