City Race

City Race adalah balapan yang dilakukan di jalan yang trafficnya lumayan padat. Ini adalah istilah saya sendiri maaf jika ada kekeliruan dalam mengartikan. City Race yang saya sebutkan adalah balapan yang tidak direncanakan(ketemu di jalan), tanpa ada maksud balapan. Sederhananya orang lain memacu kendaraaannya saya ikutan, dan biasanya ada lagi oarang lain yang mengikuti. Begitulah sampai pada simpang atau tempat tujuan masing-masing. Tidak ada pemenang karena memang bukan dimaksudkan untuk balapan yang ras puas menyalip lawan, kalau soal kecepatan tidak akan maksimal di keluarkan karena track yang sangat padat.

Saya sendiri memulainya karena kekesalan pada oarang yang tidak taat berlalu lintas. Yang berkendara di jalur kanan dengan lambat, padahal banyak orang yang sedang terburu-buru dan ingin cepat yang membutuhkan jalur kanan. Lebih parah lagi orang yang mengambil kedua jalur(jalan 2 ruas), orang yang memotong traffic light(baca:lampu merah), angkot yang sembarangan berhenti yang semua itu membuat waktu tempuh saya jadi bertambah. Jadi saya coba untuk membuatnya sebagai race arcade(yang ada rintangannya) dan mengangap orang lain(yang sama-sama buru-buru) sebagai lawan. Saya tidak setiap waktu melakukanya hanya pada saat-saat tertentu.

Berikut ini adalah persiapannya :

Langkah Pertama: cek kendaraan anda
Apakah kendaraan anda sudah cukup pantas untuk melakukan aselerasi, karena jika tidak anda mungkin akan tidak nyaman melakukan manuver.

  1. Keadaan ban
    Apakah ban anda pada tekanan yang sesuai?
      Tidak perlu ke bengkel kira-kira saja dengan menekan ban anda bila sudah cukup keras maka layak pakai. Bila tidak bisa mengira berapa tekanan yang pas makan anda bisa ke bengkel.

    Apakah Ban dalam posisi yang semestinya?

      Maksudnya apa tidak goyang atau miring. Biasanya pada kecepatan tinggi miring 2 derajat pun akan terasa sekali efeknya. Anda bisa mengeceknya(kalau saya) dengan memutar roda dan melihatnya dari belakang dengan patokan body motorbike dan roda depan anda. Kalau sudah lurus dan tidak goyang-goyang maka sudah layak pakai.

    Apakah velg anda masih dalam keadaan bagus?

      Sebenarnya(kalau saya lagi) kalau tidak begitu nampak peyang(baca:tidak bulat sempurna) tidak begitu pengaruh. Tapi akan berpengaruh sedikit ke kecepatan, kenyamanan, keseimbangan saat berkendara bila sudah cukup parah. Tergantung masing-masing sih parahnya gimana. Klau saya memeeriksanya sendiri dengan cara membuat batangan dengan panjang diameter velg dan membengkokkannya dengan bentuk u siku 90 derajat kemudian menyentuhkannya ke velg sambil memutar roda, ingat batangan tadi tidak boleh bergerak. Kalau batangan tadi tergeser oleh velg maka dia peyang. Batangan tadi bisa digantikan dengan jari anda.
  2. Keadaan mesin
    Kalau ini saya kuarang mengerti paling cek oli, baterai yang layak pakai, keketatan rantai(jangan tertalu ketat), gear yang layak pakai,tergantung jenis mesinnya sih. Kalau anda bukan expert(seperti saya) lebih baik periksa ke bengkel.

Langkah Kedua : Perlengkapan motorbike anda
Sangat penting utnutk melengkapi atribut kendaraan. Selain agar aman dari serangan terutama serangan polisi juga aman saat menjaga keselamatananda dan pengendara lain. Selalu ingat kata-kata ini:

Safety First

Terutama keselamatan orang lain, jangan biarkan orang lain menderita karena kesalahan anda.

  1. Selalu gunakan Spion(read : rear view mirror)
    Kalau bisa dua buah dan kecil-kecil tapi tidak menghilangkan fungsinya sebagai rear view mirror. Fungsinya agar anda bisa melihat kebelangkang tanpa membalikkan kepala. Sesuai prisip awal:”safety first”, sewaktu menyalip kendaraan kita harus melihat kebelakang terlebih dahulu. Walaupun bisa dengan lampu sein tapi kan banyak oarang yang belum terbiasa dalam tata krama berkendara. Jadi kita bisa menghindari kemungkinan kecelakaan.
  2. Helm(read : helmet;pelindung kepala)
    Tahukah Anda bahwa helm pada jaman dahulu digunakan untuk perang, tawuran, dan lain-lain. Mereka begitu percaya pada kekuatan helm untuk melindungi kepalanya + wajah. Helm yang saya sarankan adalah helm full-face, tapi kalau tidak ada half-face juga boleh asal sesuai standar keamanan dan ada kaca pelindung atau apalah namanya. Helm (buat saya) bukanlah alat untuk bergaya, tapi untuk keamanan. Pilih helm yang benar. Gunanya adalah melindungi kepala(keceakaan) dan melingdungi mata agar bisa melaju walaupun jalanan berdebu, hujan deras, lemparan batu dan lain sebagainya.
  3. Gunakan jacket
    Jacket dapat melindungi kita dari serangan matahari. Kan ga nyaman siang-siang berkendara terpanggang matahari.
  4. Dan perangkat keamanan lainnya
    Misalnya handfree dan lain sebagainya.

Trick-triknya

Dalam City Race top speed kendaraan tidak terlalu berpengaruh karena cuma sedikit track panjang yang tersedia. Kalau mau melakukan setingan mesin upayakan settingan seperti mesinnya mr. Rossi..

  1. Pilih-pilih jalan
    Karena padatnya jalan anda harus jeli dalam memilih jalan usahakan berada di kanan jalan, karena yang di kiri adalah angkot yang mau berhenti tiba-tiba.
    Sebenarnya tidak harus selalu di kanan, kalau di kanan sedang ada kendaraan lambat bisa saja ke kiri. Bahkan di jalan dengan kondisi tertentu di kiri lebih menguntungkan. Misalnya ada jalan tersebut sedang sepi, kebanyakan orang akan berjalan di jalur kanan, secara otomatis sebelah kiri akan kosong. Tapi ingat untuk selalu waspada karena di kiri dekat dengan pejalan kaki(‘coz we love pedestrian) yang mau menyebrang, anak-anak, dan rintangan lainnya.
  2. Jaga jarak dengan kendaraan di depan
    Pada saat mau memotong(mendahului) kendaraan di depan biasanya orang akan terkonsentrasi untuk berada dibelakangnya dan menunggu waktu yang tepat untuk mendahului. Dan karena itu pula dia tidak melihat kesempatan lain. Karena itu saya anjurkan untuk mengambil jarak yang cukup untuk melihat badan jalan. Jangan terlalu jauh dan terlalu lama, karena akan menyusahkan kendaraan di belakang anda.
  3. Kuasai medan
    Setiap jalan berbeda tingkah pola masyarakatnya. Setiap simpang juga berbeda! ada yang seharusnya kiri jalan terus tiba-tiba ada yang berhenti, ada yang suka betumpuk di kiri jalan di kanan jalan, ada yang suka makan trotoar. Oleh karena itu jika sudah menguasai medan kita akan tahu mengambil posisi. Tempatkanlah diri anda pada posisi yang tepat, jika kira-kira di kiri akan lambat ya ambil kanan. Tidak hanya di simpang/per-empat-an jalan, di jalan biasapun harus diwaspadai. Misalnya kebiasaan masyarakat keluar dari jalan tanpa lihat kiri-kanan, lambat sebelah kanan, dan lain sejenisnya.
  4. Waspadai angkot!
    Angkot adalah kendaraan yang suka berhenti tiba-tiba, pembuat macet, suka nantangin balapan. Sewaktu mendahului angkot sebaiknya dari sisi kanan walaupun sekilas dilihat sebelah kiri kosong. Ini disebabkan karena sifat angkot yang suka berhenti tiba-tiba, menaikan-menurunkan penumpang dimana saja, dan suka cari masalah. Seperti no.3 sebaiknya anda tahu daerah-daerah angkot berburu penumpang, biasanya di sekitar sekolah, pusat perbelanjaan, dan tempat lain yang menurut anda memungkinkan.
  5. Ingat waktu
    Perlakuan terhadap jalan berbeda pada waktu-waktu tertentu. Pada pagi hari pada saat berangkat ke kantor, pada sore hari sewaktu pulang dari kantor pastinya akan lebih padat dari pada jam-jam kosong(9.00, 15.00). Oleh karena itu kita harus lebih hati-hati, karena setelah mendahului satu kendaraan jarak kita dengan pesaing bisa bertambah tiga kali lipat, dan ini bisa dijadikan penghalang sementara untuk lawan kita.
  6. Waspadai orang tua, ibu-ibu
    Orang tua dan ibu-ibu punya ciri tersendiri dalam mengendarai kendaraan mereka. Hati-hati karena kebanyakan dari mereka tidak perduli dengan kendaraan sekitarnya. Lebih baik jaga jarak dengan mereka!
  7. Gunakan insting
    Sebenarnya inti dari tips ini adalah insting. Saya sendiri lebih banyak menggunakan insting tidak mau kalah, dan insting menyelamatkan diri. Mungkin dalam kecepatan tinggi anda tidak bisa berpikir lebih cepat dari kendaraan anda, maka instinglah yang bisa anda gunakan.

Mungkin yang saya tuliskan tidak terlalu lengkap, jadi bagi yang kebetulan membaca tolong/mohon ditambah-in.

4 Responses to “City Race”


  1. 1 We77y byakuya Mei 3, 2009 pukul 10:16 pm

    What’s up bro.,.
    Nice writting,
    kpn legenda naga na kluar ?

  2. 2 bumikitta Mei 3, 2009 pukul 10:59 pm

    Sebenarnya tulisan ini terinspirasi dari game road race(game tahun ’98 salah satu pc game pertamaku).

    Judulnya bukan legenda naga tapi …
    proyek jangka sangat panjang.

    PS
    website ini dibuat tanpa ada paksaan, interferensi, ikatan kontrak pada pihak manapun.

  3. 3 donny kah aku? Mei 15, 2009 pukul 11:05 pm

    utk apa head set naek kreta?

    ada yang kurang satu lagi bro,,,

    yaitu ROKOK…

    usahakan yang kretek kek djisamsu,,,
    biar mantap…
    hehehehhe…

  4. 4 bumikitta Mei 16, 2009 pukul 12:03 am

    Headset = headphone = teleponan aman. Biar ga sibuk nyari hp terus sibuk nyipin ke helm.

    Sayang rokoknya bro. apalagi model kretek, cepat habis dan tidak bisa dinikmati.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: