Clannad

Clannad, sebuah serial yang diangkat dari light novel dengan judul yang sama clannad. Versi animenya diproduksi oleh KyoAni yang running Oktober 2007 – Maret 2008.

Clannad mengisahkan kehidupan Okazaki Tomoya, seorang pemuda yang bermasalah dengan keluarganya. Setelah meninggalnya ibunya, ayahnya jadi sering mabuk dan tidak perduli dengan kehidupannya. Akibat hal tersebut hubungan Tomoya dengan ayahnya pun jadi renggang, ia pun tumbuh menjadi sosok yang dilinquent.

Sampai suatu ketika ia bertemu dengan Nagisa Furukawa, seorang gadis yang seharusnya sudah tamat tetapi harus mengulang kelas karena sakit. Karena ia adalah siswa yang mengulang, Nagisa tidak memiliki teman seangkatannya. Hal inilah yang menyebabkan Tomoya simpati terhadap Nagisa, dan tidak bisa meninggalkan seorang diri, walaupun dia sendiri tidak punya cukup banyak teman. Mulai dari sinilah Tomoya akhirnya berubah dari yang tidak perduli sekitarnya, benci sekolah, menjadi mulai menyukai sekolah dan memiliki tujuan hidup.

Sesuai dengan judulnya (Irish Clannad = family), Clannad lebih banyak menceritakan masalah keluarga. Kisah pertama tentang Fuko yang berjuang untuk pernikahan kakaknya, yang kedua tentang Kotomi yang kehilangan orang tuanya, hubungan Tomoya dengan ayahnya, Tomoyo dengan kenangan dan harapan adiknya, dan Nagisa tentang masa lalu orang tuanya.

Storylinenya dikemas cukup unik cukup bisa membuat tekanan darah naik-turun. Dari misi Nagisa untuk membentuk kembali theatre club dan berkembang ke konflik pribadi calon anggotanya. Walaupun sebenarnya strorytellingnya agak kurang pas tapi tetap saja menarik. Ada yang menarik lagi, Clannad berisikan tentang seorang gadis dari "dunia yang telah berakhir". sebuah potongan-potongan cerita yang disusun pada setiap episode dengan babak baru. pada mulanya gadis itu hanya sendiri, sampai kemuadian ia membuat teman untuk dia sendiri. Arc untuk seksi ini didesign cukup manis, dan sebenarnya berhubungan dengan jalan cerita sebenarnya,

Disamping drama Clannad juga diisi dengan comedy yang frekwensi cukup banyak. untuk segmen ini diisi oleh Sunohara. Jadi bisa dibilang serial ini memiliki elemen comedy tapi bukan comedy drama. Ada juga elemen romance, tapi bukan romance drama. Ada unsur misteri tapi bukan misteri. Jadi serial ini cukup komplit dengan segala macam emosinya. istilahnya "I laughed, I cried. I frowned, I smiled".

Bicara soal chara, serial ini juga cukup komplit. Okazaki Tomoya didesign sebagai dilinquent tapi tidak seperti Harima Kenji. Ia lebih ke orang yang banyak absen, jarang pulang ke rumah, sedikit teman. Secara tampang memang ia kurang mendukung untuk tampil sebagai dilinquent. Ada Nagisa Furukawa dengan rambut antenanya sebagai lambang moe. Didesign sebagai cewek lemah, tidak punya teman, very cheerful tapi juga mudah terbawa emosi. Ada Ibiki Fuko cewek child-like, loli, sebenarnya satu angkatan dengan Tomoya. Belakangan setelah kasusnya selesai, ia tampil sebagai peri penolong walaupun akhirnya tidak banyak membantu.

Tampil sebagai chara pendukung Tomoya ada Sunohara Youhei. Chara ini mendapat cukup banyak andil dalam membangkitkan segmen comedy. Sama seperti Tomoya ia banyak absen, dan lebih banyak memancing perkelahian. Ada juga pasangan kembar Kyo dan Ryo Fujibayashi.Ryo tampil sebagai cewek yang suka ramalan, meskipun tampilannya sebagai cewek kalem tapi ia adalah ketua kelasnya Tomoya dan ia juga menyimpan perasaan pada Tomoya. Kyo tampil sebagai cewek yang asal-asalan tapi secara skill ia cewek sejati. Ia tampil sebagai pendukung Ryo dalam masalah perasaannya pada Tomoya. Ichinose Kotomi, cewek jenius tapi punya masalah bersosialisasi. Sebenarnya adalah teman masa kecil Tomoya. Ada juga Sakagami Tomoyo, cewek cool, jago berkelahi, pedulian, dan calon ketua murid (OSIS). Ada juga chara pendukung seperti Miyazawa Yukine, sumber informasi dan pencerahan.

Secara umum design yang dibuat sangatlah kuat dan memang ingin ditonjolkan. [Trivia : chara dari Clannad mengambil banyak posisi di saimoe 2008, sebelum ditumbangakan Hiiragi Kagami].

Artworknya sebenernya tidak perlu dikomentari lagi, mengingat yang mengerjakannya Key dan Visual Art. Tampilan Visualnya, seperti tradisi KyoAni juga tampil sangat sangat memukau walau tidak pada semua scene. Namun tetap saja sangat menarik, dan dimaksimalkan pada scene-scene yang klimaks. Dari semua efeknya, saya paling kagum dengan pemilihan warna dan efek cahayanya. pada beberapa scene efek cahaya tersebut sangat membantu memaksimalkan situasi agar lebih menyentuh.

Sebagai pendukung dan nilai plus dari Clannad adalah soundtracknya. Clannad dibanjiri dengan soundtracksoundtrack yang luar biasa. Sangat pas untuk membawa emosi penonton. Bisa dibilang music section inilah yang memutupi klimaks-klimaks cerita yang kurang maksimal tadi.

OP. diisi dengan Megumeru ~cuckool remix 2007 oleh Eufonius dengan gaya khas mereka perpaduan vocal dan intrument yang rame. sedikit upbeat dan cukup menarik. ED. ada Dango Daikazoku oleh Chata yang tampi dengan arransement yang sederhana, slow, sangat memorable. Clannad juga diisi oleh cukup banyak insert song seperti Ana oleh Lia, Over oleh Riya Eufonius, Kage Futatsu oleh Riya yang ckup memorable, timming dan lyricnya pun sangat pas.

Pada akhirnya Clannad merupakan serial anime yang memiliki racikan pas untuk membawa perasaan penontonnya melayang-layang. Perpaduan drama, comedy, myterious, romantic menjadi satu ditambah music section yang memukau sukses membuat jalan cerita jadi terasa manis.

0 Responses to “Clannad”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

November 2009
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: