Zettai Shounen di SpaceToon

Beberapa hari yang lalu saat saya sedang santai menikmati hari-hari pengangguran tidak ada kerjaan, muncullah suatu acara di TV kita. Secara teknis saya tidak dalam posisi serius menonton (kesadaran sedang melayang), tapi ketika saya mendengar lagu Hikari No Silhouette saya pun tersadar. “Inikan OP. Zettai Shounen!!!” dalam hati aku berteriak seperti itu. [/DRAMATIC]

Sebenarnya Zettai Shounen (setahu saya) sudah tayang dari Juli 2009 dan telah selesai di SpaceToon. FYI, SpaceToon adalah TV nasional Indonesia pertama yang menayangkan Zettai Shounen. Jadi SpaceToon dapat berbangga untuk ini. Tapi sayangnya untuk serial anime yang mempunyai genre drama misteri seperti ini, jam tayang nya mlah di siang hari (yang tentunya sasarannya adalah anak-anak).

Yah menurut saya kurang tepat untuk menayangkan serial seperti itu di siang hari. Anak-anak zaman sekarang yang dibesarkan era-2000, yang masa kecilnya tayangan anime sangat terbatas mungkin akan belum terbiasa dengan genre drama misteri sepeti ini.Yang ada juga mereka akan mengantuk. Ada baiknya kalau genre anime drama misteri seperti itu ditayangkan agak malam (09.00pm), jadi target nya pas. Seperti jaman awal-awal SpaceToon, Kaleido Star, Digi Charat, Ultra Maniac contohnya.

Zettai Shounen atau Absolute Boy sebenarnya sudah run dari May 2005 dan selesai November 2005. Anime ini diproduksi di studio Bandai Visual, yang juga sudio untuk serial . Yang berarti serial ini secara kualitas tidak perlu diragukan.

Ceritanya sendiri berpusat pada Aizawa Ayumu (a boy lho!) yang harus tinggal bersama ayahnya di kota Tana. Sebenarnya Ayumu pernah tinggal di kota itu sebelumnya, tapi entah mengapa ia tidak mengingatnya. Inilah yang kemudian menjadi misteri dari kota tersebut, yang kemudian mulai diselesaikan dalam kisah Zettai Shounen.

Secara umum storyline Zettai Shounen dibagi menjadi 2 arc: Summer Arc dan Winter Arc. Summer Arc dimulai ketika Ayumu pindah ke kota Tana untuk menemui ayahnya. Sesuatu terjadi ketika ia melihat 2 buah benda seperti UFO. Ia bertemu dengan seorang anak bernama Wakkun. Wakkun sendiri berpakaian dan memiliki kebiasaan yang hampir/sangat mirip dengan Ayumu saat masih anak-anak. Misteri iniah yang menjadi plot utama pada Summer Arc. Winter Arc dimulai satu setengah tahun kemudian. Berpusat pada Kisa Tanigwa yang bertemu dengansebuah benda aneh dan kemudian memeliharanya. Berita tentang benda aneh tersebut pun menyebar.

Zettai Shounen adalah cerita yang didesign penuh dengan misteri. Ceritaya juga berjalan dengan begitu lambat. Setidaknya cerita ini memberi kesempatan pada penontonnya untuk melihat dan mengerti perkembangan-perkembangan yang terjadi pad tiap chara yang ada.

Chara dalam Zettai Shounen memiliki keterikatannya masing-masing. Chara-chara dalam anime ini tumbuh dan berkembang dan belajar dengan melihat reaksi yang terjadi. Emosi yang dimunculkan pun tidak begitu berlabihan, lebih seperti orang yang normal juga. Tidak sulit untuk tertarik pada chara-chara yang ada pada Zettai Shoenen.

Dari sisi visual, design dan pewarnaannya sangat sederhana terutama pada pemilihan warna. Light yang digunakan agak seperti fairy world tapi yang ini agak lebih bersih dan lumayan cerah. Pengunaan CGI untuk ‘benda anehnya’ juga menarik, seperti cahaya gitu, walau design-nya agak terlalu halus seperti anak-anak.

Soundtrack anime ini tidak begitu banyak (entah karena saya nonton dari TV), tapi dari sisi timming sangat pas. Musiknya pun sangat beraroma traditional, termaksud untuk saat-saat misterynya. OP-nya diisi dengan Hikari no Silhouette oleh CooRie, yang ini yang menonjol menurut saya. musik yang dumunculkan sangat memberikan mood yang pas sebagai pembuka. ED-nya diisi dengan Shonen Humming oleh Masumi Ito dengan tampilan yang sedikit fairy cocok dengan genre animenya.

Walaupun ceritanya seputar anank-anak, menurut saya sebenarnya target pasar yang pas untuk anime ini rating 15 tahun ke atas. Cerita ini mengandung banyak misteri, dan semua chara-nya punya pandangan sendiri untuk misteri tersebut.

8 Responses to “Zettai Shounen di SpaceToon”


  1. 1 Ralfarios September 13, 2010 pukul 2:41 pm

    Iya mas,saya juga suka Ini Acara.sekarang tanggal 13/09/2010 di space toon tayang nya jam 06.30 setiap sabtu.
    sekali lagi saya suka zettai Shounen atau bisa di bilang Absolute Boy.

  2. 2 bumikitta September 14, 2010 pukul 8:06 am

    terima kasih infonya, namun saya tidak dalam keadaan bisa nonton tv lagi sekarang😥

  3. 3 latifah April 27, 2011 pukul 11:59 am

    itu kartun kesukaan saya sama ade’ saya, karena penuh misteri..

  4. 4 Ralfarios Juni 5, 2011 pukul 9:00 am

    @bumikitta:Kenapa mas? oh iya mas nih blog ane, 2010 bikin, baru kunjung sekarang, gk sempet soalnya,Kunjung balik ya!

  5. 5 Fenny ambarwati Juli 30, 2011 pukul 6:11 pm

    Menurutku film nya kereen! Aq suka film anime yg rada aneh gtu! Pas dngrn ED nya sdih bngt😥
    yang paling aq suka tokohnya Ayumu Aizawa..
    Tp film nya tdk disukai anak anak lainnya. Kecuali yg maniak dgn anime…
    Arigatou by fue-chan

  6. 6 usada hikaru Januari 9, 2012 pukul 8:41 pm

    fun fact: seiyuu ver. indo aizawa ayumu juga yg ngisi suara plankton di spongebob loh😄 :serius

  7. 7 cecep Juni 20, 2012 pukul 8:35 am

    hepi hahah fameli

  8. 8 Hyoroemon Juli 15, 2012 pukul 12:04 pm

    Thanks buat ulasannya🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

November 2009
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: