K-On

Serial anime K-On diangakat dari Yonkoma manga Kakifly yang mulai running dari April 2009 – Juni 2009, yang diproduksi oleh KyoAni. Sebenarnya saya sudah selesai nonton dan telah buat short review dari September kemarin,
entah mengapa jadi lupa posting. Anime ini bergenre comedy, school-life, dan ditambah sentuhan music. Berbeda dengan BECK, NANA, Detroit Metal City unsur comedy dari anime ini lebih terasa.

K-On mengisahkan kehidupan empat cewek yang tergabung dalam light mucic club (K-On). K-On sendiri awalnya sudah hampir dibubarkan. Tapi kemudian dibentuk lagi oleh Tainaka Ritsu dan Akiyama Mio. kemudian bergabunglah Kotobuki Tsumugi. Tapi K-On masih belum memiliki gitaris, dan akhirnya Hirasawa Yui yang tidak mimiliki arah kegiatan, sehigga sering melakukan hal-hal yang tidak perlu, akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan K-On sebagai visitor gitaris. Goal utama dari K-On adalah konser di Budokan.

Bergabungnya Yui belum memecahkan masalah, karena Yui sendiri belum punya kemanpuan sebagai gitaris bahkan gitar pun belum punya. walau akhirnya dia bisa membeli Gibson Les Paul standar seharga ¥50.000 (aslinya ¥250.000), berkat Tsumugi. Masalah tambah lagi karena Ritsu lupa mendaftarkan K-On sebagai club resmi, walau akhirnya Manabe Nodoka selaku anggota OSIS sekaligus teman Yui mengizinkanya. namun untuk menjadi club harus memiliki guru pembimbing, maka dipilihlah Yamanaka Sawako sebagai supervisor. kebetulan Sawako-sensei merupakan alumni SMA tersebut sekaligus ex-member dari K-On, yang dulunya membawakan musik aliran heavy metal.

Akhirnya K-On berhasil manggung untuk pertama kalinya di festival sekolah dengan Mio sebagai vokalis karena suara Yui menjadi agak husky berkat latihan keras dari Sawako-sensei. Performance kedua pada saat penyambutan siswa baru, pada saat inilah Nakano Azusa tertarik untuk bergabung dengan K-On. Performance ketiga saat festival sekolah, dan kali ini mereka tampil berlima.


karena scene inilah akhirnya dia mendapat panggilan Azu-nyan

Bedanya K-On dengan BECK maupun Detroit Metal City adalah K-On lebih menceritakan kehidupan sekolah dari anggota nya ketimbang perjalanan musik meraka. Bukan berarti unsur musiknya dikesampingkan, namun K-On tidak memberikan detail proses mereka dalam bermusik. Apalagi Yui, dari yang tadinya pengetahua musiknya F hingga menjadi B-. walaupun wajar karena sudah satu setengah tahun belajar gitar, namun ada yang bolong dari proses tersebut.

Dari pada unsur musiknya mungkin unsur moe-nya lebih terasa dalam anime ini. Mulai dari Hirasawa Yui, di-design sebagai cewek yang clumsy, mudah terbawa suasana, sulit untuk melakukan 2 hal bersamaan, hopeless big-sister, suka melakukan hal-hal yang bersifat trivia [trivia: Yui, tidak perduli makan berapa banyak berat badannya tidak akan berubah]. Tainaka Ritsu, di-design sebagai cewek yang asal-asalan, semberono, iseng (terutama pada Mio), kadang suka lupa hal yang penting, tapi bisa dikategorikan sebagai cewek yang cheerful. Akiyama Mio, sebagai cewek dengan ridiculous phobias, ditambah pemalu, kadang-kadang strict, bisa juga menjadi lembut, bisa anda hitung berapa kali Mio ketakutan dalam serial ini? Kotobuki Tsumugi, sebagai soft-spoken-girl, ojou-sama yang ingin tampil biasa, kadang-kadang suka hal-hal bersifat yuri. Nakano Azusa, bisa dikategorikan dengan tipikal Mio, agak strict namun lembek dengan cake dari Tsumugi.

Sebagai supersivor K-On Yamanaka Sawako, awalnya sebagai guru idola sekolah karena ramah dan cantik, namun sejak ketahuan bahwa ia mantan musisi heavy metal ia menjadi supervisor yang malas, tidak bertanggung jawab, dan suka iseng dengan cosplay buatannya, yang kerap kali jadi korbannya ialah Mio dan Azusa. Ada Manabe Nodoka, sebagai teman kecil Yui sekaligus anggota OSIS, Nodoka di-design sebagai cewek yang ramah, kadang-kadang jadi malaikat penolong bagi K-On. Hirasawa UI, sebagai adik dari Yui, tipe Tsukamoto Yakumo.

Memang rumus empat sekawan ini bukanlah hal yang baru dalam dunia anime. Bahkan K-On bisa dikataka mirip dengan rumus Lucky Star. Yui bisa disamakan dengan Tsukasa, Ritsu dengan Konata, Mio dengan Kagami, Tsumugi dengan Miyuki. Walaupun rumusnya biasa namun tetap saja design chara-nya menarik, apalagi dengan artwork yang cute seperti itu.

Dari sisi visual, K-On tidak begitu menonjol sampai begitu detail, namun lebih ke arah manis. Pilihan warnanya dan selaras, termasuk instrument yang digunakan. Berbeda dengan BECK yang agak kelihatan 3D, instrument dalam K-On lebih soft, selaras dengan background dan charanya. Ekspresi charanya jaga menarik sewaktu sedang jamming, tidak berlebihan dan juga tidak kaku. Pengambilan scene dan agle cameranya semakin menambah ekpresi dari chara. Selebihnya mungkin ekspresi-ekspresi mereka agak sedikit terinfluance dari kaya-karya KyoAni sebelumnya baik dari pemilihan tone dan warnanya. Intinya sih sederhana. Sebenarnya saya juga tertarik dengan costum panggung design Sawako-sensei, sisi manisnya pas untuk musik yang dibawakan mereka.

Dari sisi sound, secara K-On bergenre music sound departementnya terdengar menarik. Bukan hanya itu timming pergerakan jarinya sewaktu memaikkan instrument sangat pas, bahkan powernya juga terasa dalam memaikan tempo lambat maupun cepat. K-On juga memiliki soundtrack yang saya nilai cukup spesial, walaupun sepertinya agak ada aroma musik dari serial anime yang lama. yah, yang penting cukup pas lah untuk mewakili emosi chara dan situasinya.. OP nya diisi dengan Cagayake! Girls yang dibawakan oleh Aki Toyosaki with Yoko Hikasa, Satomi Sato and Minako Kotobuki (seiyuu dari Yui, Mio, Ritsu, Tsumugi), tampil ceria, light and fluffy. namun mungkin arasement agak terasa semakin ramai mulai dari EP.9 (apa perasaan saya saja) sejak bergabungnya Azusa. ED. diisi dengan Don’t say ‘lazy’ oleh Aki Toyosaki with Yōko Hikasa, Satomi Satō and Minako Kotobuki, sedikit beat rock, dan dewasa kali ini apalagi tampil sebagai vocalis adalah Mio. Ada juga insert song Light and Fluffy Time (Fuwa-Fuwa Time), yang tampil sebagai hit single mereka, dan My Love Is A Stapler.

Bicara soal musicnya kita juga perlu melihat insrument mereka.

  1. Yui
    guitar : Gibson Les Paul standar
    amp : Marshall
    posisi: gitarist + vocalist
  2. Mio
    bass : Fender Jazz Bass (left handed)
    amp : Fender
    posisi: Bassist + vocalist
  3. Ritsu
    drum: Yamaha Hipgig drum kit + Zildjian Cymbals
    posisi: drummer
  4. Tsumugi
    keyboard: Korg Triton Extreme
    amp : Roland KC series keyboard amp
    posisi : keyboardist
  5. Azusa
    guitar: Fender Mustang
    amp : Fender amp
    posisi : guitarist
  6. Sawako-sensei
    guitar: Gibson Flying V
    amp : belum ketahuan, tapi festival terakhir pake punya Yui
    posisi : supervisor

memang terlihat agak membuat iri dengan instrument mereka.


Gibson Flying V, milik Sawako-sensei

Sebenarnya dari semua chara di K-On saya paling tertarik dengan Mio. Selain karena stylenya dan segala unsur moe-nya, bassline yang ia buat sangat menarik untuk saya. terutama pada Fuwa-Fuwa Time dan Cagayake! Girls. terlebih lagi Mio seorang left-hand. mungkin agak setipe dengan saya, namun pengaruh Tetsu lebih besar dalam diri saya (sepertinya) .

K-On merupakan perpaduan yang apik dari comedy dan music, yang memberikan suguhan trivia tapi serius. layak untuk dikoleksi ataui sekedar ditonton

3 Responses to “K-On”


  1. 1 new games e3 xbox one Oktober 2, 2014 pukul 5:24 pm

    Hello to every single one, it’s actually
    a fastidious for me to pay a quick visit this website, it consists of precious Information.


  1. 1 Scheduled to post, Publication schedule « Bokutachi no Chikyuu Lacak balik pada Mei 7, 2010 pukul 12:27 pm
  2. 2 Sebuah Kartu Natal « Bokutachi no Chikyuu Lacak balik pada Mei 7, 2010 pukul 12:28 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

November 2009
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: