The Melancholy of Haruhi Suzumiya 2009

Sesuai janji saya di tulisan yang ini saya akan me-review kembali Suzumiya Haruhi no Yuutsu. Kali ini second season, atau kalau menurut istilah KyoAni-nya The Melancholy of Haruhi Suzumiya 2009. Finished airing setelah 14 episode yang akan terasa ‘sangat panjang’ pada September 2009. Masih diproduksi oeh studio besar Kyoto Animation.

Ceritanya bisa dibilang hanya melanjutkan 3 menit dari season sebelumnya, bisa dilihat di episode terakhir. Selebihnya hanya menjelaskan kronologis cerita pada season pertama. Misalnya mengapa mereka punya costume kodok, apakah mereka cuma liburan ke remote island selama liburan musim panas yang cuma empat hari, apakah yang terjadi saat pembuatan film indi Miracle Mikuru, mengapa pada film itu ada scene dimana Nagato menyerang Mikuru secara fisik, mengapa ada kata: "stop talking!", kepada kucing. Kira-kira hal-hal seperti itulah.


Don’t fuck with me!

Arc pertama dimulai dari Bamboo Leaf Rhapsody. kalau mengikuti season pertama, arc ini merupakan pengisi sebelum episode ke lima saat festival tanabata. Arc ini bercerita tentang kegiatan SOS DAN saat tanabata. Pertama dimulai dengan tingkah melankolis yang tidak mengenal aturan dan moody-nya Haruhi (thank to Layn) mencuri bamboo untuk perayaan tanabatadan sesuai menuliskan harapan mereka untuk 16 dan 25 tahun ke depan (lamanya) pada bamboo tersebut. Hal ini semacam turnament bagi Haruhi siapa yang harapannya akan terwujud pertama.

Setelah itu mereka pulang, saat itu Nagato dan Mikuru menitipkan pesan pada Kyon. Mikuru membawa Kyon ke masa 3 tahun lalu saat semuanya (hal-hal aneh mengenai Haruhi) dimulai. Disana Kyon bertemu dengan Mikuru dari masa depan. Entah apa maksudnya, Mikuru masa depan cuma menunjuk kearah North High. Disana Kyon bertemu dengan Haruhi 3 tahun lalu, pada saat tanabata. Dengan sifatnya yang sama, Haruhi 3 tahun lalu memerintahkan Kyon untuk mengambar simbol-simbol di lapangan. Setelah itu ia pulang dengan segala ke-melankolis-an nya

Mikuru yang terbangun menyadari bahwa ia tidak bisa pulang ke masa yang seharusnya. Kyon menyadari simbol yang dibuatnya mirip dengan pesan yang diberikan Nagato. Nagato 3 tahun lalu yang dalam standby mode menjelaskannya bahwa arti simbol itu adalah "I am here" (Haruhi menulisnya dalam bahasa alien). Bagaimana cara mereka ke masa yang seharusnya? Nagato punya caranya sendiri sama seperti bagaimana ia menghabiskan waktu saat stanby mode-nya. Nagato menidurkan mereka sampai saat tanabata 3 tahun berikutnya.

Cerita pun berlanjut ke arc berikutnya, Endless Eight. Dari sudut padang saya Endless Eight belangsung setelah episode 8 sebelum episode 9 pada season 1, pada liburan musim panas tanggal 17 Agustus sampai 31 Oktober. Hari dimulai saat Kyon sedang menonton siaran baseball dan telepon dari Haruhi. Kemudian ke kolam renang umum (no diving sign, wajah boring Nagato), kemudian makan, kemudian Haruhi menyusun list kegiatan selama liburan, membeli yutaka, kemudian satu-satu list diselesaikan(Bon dance + Mikuru memancing ikan mas + Nagato membeli topeng, kembang api kecil + kata-kata Kyon: "three days!?", berburu serangga + release, kerja sabilan untuk mendapatkan kostum kodok, melihat bintang, latihan baseball, melihat hanabi yang besar, memancing, uji nyali, nonton fil yang membosankan, nastu da! umi da!, bowling, karoke), kemudian hari terakhir scene Haruhi berkata: "was this enough?" dan tidak ada yang merespon, setelah itu haruhi meninggalkan resto tersebut. Hal ini terus berulang, 17-31 Agustus. Endless Eight berarti garis yang tidak putus-putus dari angka delapan, yang artinya perulangan hal.


Osoi wa yo Kyon!

kawaii ne~

matte! haruhi

Sampai ketika entah berapa kali perulangan Kyon seperti menyadari ia mengalami deja vu, begitu juga Koizumi. Sampai pada malamnya Mikuru menelepon Kyon. Kyon, Koizumi, Mikuru, dan Nagato mengadakan pertemuan pada malam hari tentang apa yang terjadi. Koizumi menjelaskan dari persepsinya bahwa Haruhi lah penyebabnya. Seluruh dunia mengalami perulangan, dan hanya merekalah yang menyadarinya sebagai orang yang dipilih oleh Haruhi. Dan satu-satunya yang menyadari dan mengingat kejadiannya secara lengkap adalah Nagato Yuki, bahwa mereka telah mengalami perulangan sampai 15.000-an kali dengan berbagai variasi. Entah kebosanan seperti apa yang sudah dialami Nagato mengulangi hal yang nyaris sama sampai 15.000-an kali (saya saja yang nonton 8 episode sudah merasa muak). Dan sepertinya Koizumi mempunyai solusi: "embrance Suzumiya-san from behind and whisper, I love you into her ear" yang maksusnya kepada Kyon. Saya kira itu ide bagus.

Sampai pada perulangan yang ke-15.532. Semuanya masih berjalan seperti perulangan sebelumnya, dan pada akhirnya Kyon berhasil mengatakan sesuatu sebelum Haruhi keluar dari resto. "My list isn’t finished yet!". Solusi yang sederhana, yang terpecahkan setelah berevolusi 15.532 kali. Satified Haruhi, itulah solusinya. Bagaimana makhluk tsundere ini sampai berkata: "I’m coming too!", hal itu pastilah sangat berkesan. Setelah arc ini selesai semuanya pun kembali normal.

Selanjutnya The Sigh of Suzumiya Haruhi. Kira-kira terjadinya setelah episode 9 dan sebelum episode 12, tanpa episode 10 (terjadi sebelum tanabata) dan 11 (terjadi 1 minggu setelah tanabata). The Sigh of Suzumiya Haruhi bercerita tentang kegiatan SOS Dan saat pembuatan film indi Miracle Mikuru untuk ditampilkan pada saat Bunkasai. Ini adalah akibat Haruhi menonton film tengah malam (perhatian anak-anak: ini tidak boleh ditiru!!!) yang membosankan.

Hari-hari berikutnya diisi dengan mempersiapkan equipment (seharusnya script dulu, baru tau mau beli apa). Dan seperti semua berjalan dengan keinginan Haruhi, mereka tidak perlu membeli satu alat pun, mulai dari kamera, senjata, dan lainnya. Pemilik toko tersebut memberikan nya pada dengan cuma-cuma, istilahnya menjadi sponsor (entah apa yang dikatakan Haruhi sampai pemilik toko tersebut mau menjadi sponsor). Itulah mengapa Miracle Mikuru diisi dengan banyak iklan komersial.

Sebagai ultra director, Haruhi tidak membutuhkan script. Semuanya berjalan sesuai dengan apa yang sedang dipikirkannya dan apa yang diharapakannya, bahkan kerap kali Haruhi merubah scriptnya. Mungkin anda sudah (yang sudah nonton Miracle Mikuru) tahu kalau baik Koizumi, Nagato, Mikuru berperan sebagai diri mereka dengan kemampuan yang sebenarnya. Nah, dalam pembuatan film ini Haruhi seperti menginginkan agar filmnya kelihatan nyata. Maka dengan kekuatan dewa-nya, banyak hal-hal yang yang tidak terduga terjadi. Misalnya color contact yang dipakai Mikuru mempunyai kekuatan Mikuru beam yang berakhir dengan serangan dari Nagato untuk menyuntikkan semacam serum, warna bulu merpati, Shamisen bisa bicara, ada sakura padahal bukan musim semi. Yang menarik adalah perbedaan cara pandang mereka terhadap Haruhi. entah siapa yang benar.

Sejujurnya saya dan mungkin (saya telah mendengar banyak jeritan kecewa dari fans serial ini, khususnya Konata) beberapa orang di luar sana merasa kecewa pada season 2 ini. Apalagi kalau bukan karena endless eight yang benar-benar dibuat 8 episode dengan alur cerita yang sama. Entah apa yang dirasakan para penonton yang selama 8 minggu disungguhkan hal yang sama. Entah apa yang dipikirkan oleh studio besar seperti KyoAni, bukankah hal seperti ini bisa merusak nama besar KyoAni yang telah mengeluarkan banyak (semua) anime sukses. Sampai sekarang saya belum menemukan suatu misteri dalam arc endless eight sampai harus diulang 8 kali. Yang ada mungkin bagaimana capeknya membuat 8 variasi dalam arc ini. God knows lah..

Chara dalam anime ini masih sama tidak ada tambahan, kecuali kucing rekan Nagato dalam film Miracle Mikuru Shamisen. sebagai kucing ia cukup kooperatif. Haruhi masih dengan kemelankolisannya (as God will-nya), Kyon masih snarky, Mikuru dengan segala unsur ke-moe-annya, Koizumi dengan ke-cocky-annya dan good servant, Nagato masih tetap quite (masih tetap in Kyon order). Walau pada episode akhir mereka menunjukan bahwa ternyata mereka tidak saling percaya satu-dengan yang lain (Koizumi dengan Mikuru).

Dari visual departement, tidak banyak yang berubah, hampir tidak ada kecuali kali ini agak terlihat flashy. Tidak banyak komentar.

Sound departement agak mengalami penambahan soundtrack. Anda akan mendengar soundtrack-nya diisi dengan instrument tradisional dengan aransement baru dan additional instrument modern. Instrument tradisional cukup beragam mulai dari Jawa, Bali, India, dan entah dari mana lagi. Soundtrack yang lama juga masih dipakai dibeberapa bagian. OP. diisi dengan Super Driver oleh Aya Hirano, yang tampil agak rock dan sedikit up-beat. ED. diisi dengan Tomare! oleh Aya Hirano, Chihara Minori, dan Yuko Goto masih dengan tempo yang agak up-beat terdengar manis dan cukup memorable. Namun kalau dibandingkan dengan OST. pada season pertama, saya lebih milih yang pertama.

"Haruhi-ism" pseudo-religion, para penganutnya mungkin akan kecewa dengan season 2 ini. Namun bukan berarti tidak layak ditonton. Trick-nya tonton EP. 1, 2, pilih salah satu dari 3-8 (saran saya 8), kemudian 9, 10, 11, 12, 13, 14. Anda akan lebih menikmatinya. Walaupun begitu saya tetap menyukai serial ini dan berharap banyak pada movie-nya. [berita basi: The Vanishment of Haruhi Suzumiya movie had been announced. it will be released in Japanese theaters in spring 2010].

4 Responses to “The Melancholy of Haruhi Suzumiya 2009”


  1. 1 Alien Mei 21, 2010 pukul 4:33 pm

    Overall season 2 lumayan. Cuma endless eight saja yang agak mengganjal. Untung bisa skip sewaktu menonton…

  2. 2 bumikitta Mei 22, 2010 pukul 7:14 pm

    dan untung movienya tidak mengecewakan..

  3. 3 Levin Agustus 29, 2010 pukul 1:46 pm

    Jadi penasaran sama endless 8. Baru nonton sih, ini pun masih di season 1…

  4. 4 bumikitta September 1, 2010 pukul 8:39 pm

    ^
    lanjutkanlah, ini penting bagi hidupmu:mrgreen:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

Desember 2009
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: