Yotsuba&! vol. 9 has been published

Yotsuba&! (spelling Yotsuba to) adalah manga comedy, slice of life, ‘go green life!‘ karya Kiyohiko Azuma, mangaka yang sama yang menciptakan Azumanga Daioh. Baru-baru ini saya mendapat kabar bahwa Yotsuba&! vol.9 sudah terbit di Jepang sekitar minggu ke-4 November. Penantian panjang akhirnya berujung juga, setelah sekitar 1 tahun menunggu. Di Indonesia sendiri vol. 8 sudah terbit di pertengahan July (CMIIW), kalu sesuai dengan perhitungan vol.9 akan terbit sekitar Januari 2011. Tapi jangan takut saudara, itu hanya prediksi terburuk. mungkin saja akn lebih cepat karena minat masyarakat terhadap Yotsuba&! lumayan tinggi. Sebagai bahan pertimbangan, Naruto sendiri sesuai tradisi versi tankōbon-nya baru terbit di Indonesia 1 tahun setelah di Jepang.


cover yotsuba&! vol9 pinjaman dari flickr

Karena sudah terbit, saya akan memberikan short review bagi yang ingin memulai mengoleksinya. Yotsuba&! bercerita tentang kehidupan Yotsuba dan segala hal baru yang ia pelajari. Dinamai Yotsuba mungkin karena bentuk rambutnya yang diikat empat seperti yotsuba no kurōbā (semanggi 4 helai daun). Yotsuba tinggal bersama Kuroda(?) Koiwai berdua tanpa ibu, karena sebenarnya Yotsuba adalah anak adopsi.

Karena sifatnya yang energik, cheerful Yosuba mudah mendapatkan relasi baru. Mulai dari pertemuanya dengan Jumbo, sahabat ayahnya yang membantu mereka pindah, sampai ke tetangga mereka keluarga Ayase. Rumah keluarga Ayase ini sudah seperti rumah kedua bagi Yotsuba, bahkan Yotsuba sudah memanggil ibu mereka sebagai ibunya sendiri.

Yotsuba&! tidak memiliki plot cerita yang panjang, seperti halnya lucky star. Namun karena cerita ini berpusat pada pengalaman Yotsuba, anda akan menemukan hal-hal yang berhunungan dengan cerita sebelumnya. Unsur komedinya pun terkesan agak lokal, karena kerap kali menggunakan plesetan kosakata. Yotsuba merupakan foreigner yang aslinya tidak pake bahasa Jepang(?). Saya sendiri kadang baru menyadari setelah berpikir agak lama. FYI, tidak semua plesetan ada penjelasanya Jadi kalau mau lebih maksimal coba untuk lebih teliti membaca dan bayangkan kosakata dalam bahasa Jepangnya. Meski begitu unsur komedinya sangat terasa, karena bagaimana cara pandang seorang anak umur 5 tahun kadang terasa sangat lucu.

Keistimewaan dari Yotsuba&! adalah banyaknya pesan-pesan moral mengenai lingkungan dan ekologis yang terkandung/tersirat/terohok dalam manga ini. Pejuangnya adalah Ena Ayase. Hal-hal berkaitan dengan penggunaan AC seperti mengapa ayah Yotsuba berkerja seperti coolbiz, penghematan listrik seperti saat Ena marah-marah pada Asagi karena mirip seperti orang Amerika (penyumbang CO2 terbesar di dunia), kegiatan recycle, tontonan Yotsuba soal mahkluk kutub, dan banyak lagi. Maskot dari go green life ini mungkin adalah Danbo (Indonesia: Kardo). Menyenangkan melihat anak-anak bicara soal global warming seperi Ena, dan saya bersyukur Yotsuba berteman dengan Ena.

Bicara soal chara, Yotsuba tidak memberikan chara yang didesign terlalu kompleks, semuanya sederhana. Yotsuba sebagai anak umur lima tahun yang sangat energic, bahkan karena sangat energicnya kadang penggunaannya terlalu over yang mengakibatkan ia tertidur setelah lelah. Yotsuba juga mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan mudah bergaul dengan orang yang bahkan baru dijumpai (kemampuan yang luar biasa). Ayah Yostsuba, pak Koiwai. Sebenarnya orang baik, menurut saya merupakan ayah yang baik. Entah bagaimana ia dapat mendidik Yotsuba sehingga mempunyai cara pendang yang unik (kadang dewasa tanpa kelihangan ke-cute-annya). Sebagai seorang coolbiz, ayah Yotsuba sering sekali memankai celana pendek. Jumbo (Takashi Takeda) teman ayah Yotsuba seorang raksasa. yang kerap kali datang kerumah Yotsuba untuk membantu. Yotsuba, Ena, Miura, Fuka (harusnya Asagi) sering kali pergi bersama dengan Jumbo.

Dari Keluarga Ayase ada Asagi Ayase, kadang terlihat agak egois mungkin karena hobbi-nya ‘teasing people’. Fuka Ayase, sebagai anak SMA yang berwibawa di sekolah, tapi kadang menjadi bahan tertawaan di rumahnya. Fuka memiliki selera berpakaiyan yang ‘khas’, karena kebanyakan kaosnya digambarkan hal-hal yang khas. Ena Ayase, pejuang global warming seperti pengurangan penggunaan AC, recycle. Ena didesign sebagai anak yang perpikiran cukup dewasa untuk anak seumuran dengan nya (sudah berani membunuh ikan). Ibu (Mrs. Ayase), memikili kepribadian yang sama dengan Asagi, paling suka dengan Yotsuba karena cara makannya yang imut. Ayahnya Fuka (Mr. Ayase), jarang kelihatan karena sering bekerja. Kadang asagi sering lupa akan keberadaannya, apa karena bukan ayah kandungnya? Miura Hayasaka, teman sekelas Ena, sering berpenampilan seperti laki-laki.

Ada juga chara teman seperti Yanda, teman/junior pak Koiwai. Yotsuba bermusuhan dengan Yanda atau bisa dibilang bersaing. Sering kali ia mengerjai Yotsuba, walaupun biasanya ia kalah suara dari Yotsuba. Torako, temanya Asagi. sering berpenampilan seperti pria dan suka berkelakuan ‘cool’. Hiwatari atau Shimauu, temannya Fuka. mendapat panggilan Shimauu (Miss-stake) karena lidahnya terpeleset saat berkenalan.

Artworknya bisa saya nilai lebih baik dari Azumanga Daioh. Backgroundnya lebih detail, walaupun sepertinya memakai CG tapi tetap saja itu merupakan nilai plus. Artnya juga terasa lebih bersih atau sederhana dari manga kebanyakan. Dan yang paling penting ekspresi dari charanya benar-benar terlihat, tidak perlu memakai tone yang berlebihan tapi pas.

Walaupun Yotsuba&! menceritakan kisah tentang kehidupan anka-anak, tapi sebenarnya Yotsuba&! ini berkategori Seinen lho atau bisa dikatakan sebagai komik dewasa yang butuh penalaran lebih.

————————————————

Sebagai bonus ini dia sedikit spoiler Yosuba vol.9:

Ketika pak Koiwai bekerja, Yotsuba menyusun jadwal kegiatanya untuk sehari, namun kemudian ia hanya bermain dengan biji pohon ek. Hari berikutnya, pak Koiwai mengajak Yotsuba untuk membeli mesin pembuat kopi, ketika disana Yotsuba membeli boneka beruang dan menamakannya Duralumin (munngkin nama yang sama dengan boneka Ena dulu). Hari berikutnya, Yotsuba menunjukan boneka barunya kepada keluarga Ayase. Yotsuba menolong Fuka untuk belajar, ia membawa cangkir kopi ayahnya, tapi menumpakannya di meja. Jumbo mengajak pak Koiwai dan Yanda ke toko Yakiniku pelanggannya. Ketika Yotsuba menjatuhkan kopi yang ia bawa pada Fuka, Asagi datang berkunjung. Ketika disana, mereka bersih-bersih dan Asagi mengajak Yotsuba dan pak Koiwai untuk ikut ke festival balon udara esok hari. Yotsuba, pak Koiwai, Asagi, Ena, Torako bangun pagi untuk ke festival, dimana mereka mengamati balon dipompa dan terbang untuk berlomba. Setelah sarapan pagi mereka menaiki balon, bermain dengan helikopter tangan, dan mengumpulkan gula-gula yang dilemparkan oeh suatu alat.

4 Responses to “Yotsuba&! vol. 9 has been published”


  1. 1 wilda Desember 13, 2009 pukul 8:49 pm

    wahahhaha pengen dong yang 9

  2. 2 bumikitta Desember 14, 2009 pukul 6:19 pm

    Saya juga.

    Tapi kalau memang udah ga sabar bisa read online di sini.

    Selamat menikmati

  3. 3 Alien Mei 21, 2010 pukul 4:30 pm

    saya juga penggemar yotsuba lama menanti kelanjutan ….

  4. 4 bumikitta Mei 22, 2010 pukul 7:12 pm

    ditunggu saja dengan sabar, sambil baca vol.1 ~vol.8.

    Solusi lain ya read online


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

Desember 2009
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: