Samurai 7 dan globalTV

Walaupun tahunya telat, Samurai 7 tayang kembali sejak 05 Januari 2010. Namun jam tayangnya agak tidak enak, 4.30 a.m Senin-Jumat. Yang meurut saya telelu pagi, dan mungkin kita ingat yang tayang jam segitu dulunya Dora The Explorer. Artinya jam tanyang segitu sudah dikhususkan oleh GlobalTV untuk anak-anak.

Samurai 7 merupakan anime yang tayang sekitar tahun 2004 yang diproduksi oleh Gonzo sebanyak 26 episode. Kabarnya juga anime ini memakan budget yang cukup besar, sekitar $300,000.

Ceritanya sendiri berkisah tentang sebuah desa yang dijajah oleh pihak samurai yang telah merubah diri mereka menjadi mesin. Tidak tahan dengan pemerasan yang dilalukan oleh bandit-bandit samurai mecha, mereka memberanikan diri menyewa jasa samurai. Mereka, penduduk desa Kanna itu membayar samurai dengan beras yang biasa dirampok oleh bandit. Dikirimlah tiga perwakilan desa Kanna, salah satunya adalah Kirara. Kirara adalah seorang putri air yang dapat memilih samurai dari kalungnya (semacam detektor). Akhirnya ada 7 samurai yang terpilih untuk melindngi desa Kanna.

Tidak banyak cerita yang terlalu heroic dalam serial ini. Episode-episode awal mungkin anda akan disuguhkan pace dalam tempo cepat, namun ditengah-tengah saya merasa seperti agak diperlambat. Menurut saya pribadi untuk genre seperti ini, agak kurang enak diikuti bila temponya melambat sampai akhir.

Dari sisi visual serial ini tergolong bagus. Mengingat budget yang disediakan tidak kecil, saya tidak begitu terkejut juga. Bahkan sisi visual ini yang paling diandalkan (pendapat pribadi) dari serial ini. CG yang ditampilkan begitu impresive. Art yang di sajikan cukup halus, pilihan warna mungkin telihat seperti Code Geass S2. Kalau artworknya agak mirip Ghost in Shell.

Dari sound departement, bisa dibilang cukup sukses juga. Tidak telalu banyak inovasi memang, tapi timing pas. Perpaduan musik tradisional ala samurainya juga pas untuk genre samurai.

OP. diisi dengan unlimited oleh Nanase Aikawa. Nuansa yang terasa agak sedikit rock dengan bumbu tradisional. Cukup memorable juga. ED. diisi dengan fuhen oleh Rin. Sebenarnya nuansa yang dibawakan damai, namun entah kenapa dulu saya merasa lagu ini cukup ‘gelap’.

Itulah review singkat Samurai 7. Tapi bukan film-nya yang ingin saya bahas. Saya mempermasalahkan jam tayang untuk anime dengan rating teenager (14 and older). Sesuai yang saya katakan diawal, jam tayang anime ini adalah jam tayang untuk anak-anak.

Perusahaan periklanan juga tidak begitu antusias memasang iklan pada jam tayang tersebut. Yang secara otomatis tidak akan menguntungkan pihak TV. Sedangkan ongkos lisensi untuk anime ini bisa dikatakan tergolong mahal.

Kalau melihat anime-anime yang tayang subuh-subuh begitu adalah anime yang sudah out-of-date, mungkin pihak TV menganggap Samurai 7 ini merupakan produk gagal mereka. Padahal menurut saya anime ini merupakan salah satu anime yang dubbing tidak begitu mengecewakan.

Ini yang ingin saya katakan adalah seharusnya pihak Tv lebih memperhitungkan rating pemirsa dan jam tayang sesuai untuk anime. Lama-kelamaan pihak iklan juga akan mengikuti pihak TV.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

Januari 2010
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: