Selamat Hari Kepabeanan Internasional ke-58

Selamat Hari Kepabeanan International. Bagi kebanyakan orang mungkin asing dengan peringatan hari kepabeanan yang biasa diperingati pada tanggal 26 Januari ini. Namun lain ceritanya bagi Keluarga Besar Bea dan Cukai dan orang-orang yang biasa berhubungan dengan masyarakat bea dan cukai.

Mengapa kita memperingati hari kepabeanan internasional, sementara kita punya institusi kepabeanan sendiri? Menurut saya karena keeberabaan Bea dan Cukai sendiri yang tak terlepas dari dunia internasional. Memang sejak jaman dulu kerajan-kerajaan di Indonesia sudah menerapkan pengenaan Bea dan juga Cukai terhadap komoditi yang masuk. Namun Bea Cukai baru mulai berbentuk sebagai lembaga pada saat VOC masuk ke Indonesia. Nah sebagai lembaga yang mewakili pemerintah Hindia-Belanda, Bea dan Cukai sudah mulai dikenal oleh dunia. Setelah Indonesia merdeka, barulah Bea Cukai membentuk institusi unit Eselon I dibawah Kementerian Keuangan tepatnya pada tanggal 01 Oktober 1945. Jadi Bea Cukai secara teknis merupakan lembaga internasional dalam naungan World Customs Organization (WCO), namun menyesuaikan negara masing-masing dengan regulasi masing-masing.

Sebelum ada WCO, peraturan mengenai kepabeanan dianggap menghambat perdagangan antar negara. Karena peraturan yang tidak sesuai dengan negara lain, terlalu memberatkan perdagangan, dan tidak adanya standar khusus dalam berdagang. Untuk itulah pada mulanya dibentuk kesepakatan-kesepakatan dagang baik yang bilateral maupun kelompok seperti uni-Eropa yang kemudian meluas sampai seluruh dunia dan terbentuklah WCO.

Mengapa sampai seluruh dunia bergabung dalam organisasi ini? Karena WCO adalah organisasi internasional yang akan menstandarkan kesepakatan internasional dalam pedagangan. Dimana jika tidak bergabung berarti kita tidak dalam kesepakatan bersama tersebut. Apalagi kita tahu bahwa sebentar lagi globalisasi dalam perdagangan akan direalisasikan, yang nantinya tidak akan ada sekat negara dalam perdagangan. Kalau tidak ikut maka akan sulit untuk ikut dalam perdagangan internasional tersebut, dan nantinya akan berdampak pada pengucilan perdagangan Indonesia di dunia.

Sebagai salah satu institusi yang berhadapan langsung dengan dunia internasional, Bea Cukai mempunyai tanggung jawab yang besar kepada negara. Bea Cukai mempunyai beragam fungsi, diantaranya sebagai revenue collector, community protector, industrial assistance, trade facilitator. Belum lagi ditambah dengan aturan-aturan dari kementerian lain yang dibebankan kepada Bea Cukai.

Beratnya tanggung jawab ini telah disadari dan menjadi perhatian bahw Bea Cukai harus berubah, maka dimulailah reformasi pada tahun 1995, yang ditandai dengan ada UU Cukai dan UU pabean pengganti UU jaman Belanda. Kemudian reformasi berikutnya 2002, dan dipercepat tahun 2006, 2007.

Hari Kepabeanan International sekarang sudah yang ke-58, Bea Cukai sebagai institusi negara sekarang sudah mengalami banyak kemajuan dari waktu-ke-waktu. Memang perlu waktu untuk dapat berubah, namun Bea Cukai yang sekarang sudah berada pada jalur yang tepat. Hanya saja sekarang perlu percepatan mengingat perdagangan internasional semakin dekat. Semoga Bea Cukai tetap bisa menjadi institusi kebanggaan bangsa.

0 Responses to “Selamat Hari Kepabeanan Internasional ke-58”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

Januari 2010
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: