Arakawa Under The Bridge

Arakawa Under The Bridge diangkat dari serial manga dengan judul yang sama oleh Hikaru Nakamura. Animenya sudah selesai airing pada spring session ini (4 April 2010 -27 Juni 2010), masih tergolong barulah oleh studio shaft. Saya sendiri baru mulai nonton anime ini di awal Mei, karena sibuk menyelesaikan nonton session sebelumnya. Itu pun karena ada melihat pemberitaan yang heboh soal anime ini.

Pertama kali nonton saya cukup kagum dengan ide ceritanya tentang kehidupan di bataran sungai. Tentu saja berbeda dengan di Indonesia saudara, di Jepang sana hidup di bantaran sungai itu tidak wajar😉 . Dan setelah menonton lebih lanjut ternyata penghuninya pun bukan orang-orang yang wajar hidup di Bumi, semisal makhluk kappa, venusian, dan yang lainnya. Yah setidaknya mereka menganggap diri mereka begitu, entah untuk membodoh-bodohi penonton atau pemberontakan doktrin sosial. Tapi entah mengapa pula saya jadi terpikir ide yang disampaikan di Alice in Wonderland.

Ceritanya dimulai saat Ichinomiya Kou dikerjai oleh anak-anak di jembatan Arakawa, celananya dicuri dan sangkut di tiang jembatan. Ichinomiya adalah winner clan memiliki motto: "never be in debt to others", yang bahkan tertulis di dasinya. Oleh karena motto tersebutlah akhirnya ia akan mengambil celananya sendiri, namun dia kurang beruntung dan jatuh kesungai bersama tiang jembatan dan celananya. Dalam situasi seperti itu Nino yang sempat menawarkan batuan pun datang menolong. Dan Kou yang selama hidupnya belum pernah berhutang akhirnya berhutang. Kou menawarkan batuan kepada Nino agar dapat melunasi hutangnya. Walaupun tadinya Nino menolak namun akhirnya ia meminta Kou agar jatuh cinta kepadanya. Dan Kou pun menyerahkan hidupnya kepada Nino untuk membayar hutangnya dan tinggal bersama di bantaran sungai as lovers. Sebelum resmi menjadi penduduk bataran sungai, ia harus bertemu dengan Sonchou(village chief) atau Kappa-san. Dan sesuai tradisi Kou harus membuang namanya dan memakai nama baru yang diberikan Sonchou yaitu Recruit atau dengan huruf kana Rikuruito dan disingkat Riku.

Kehidupannya di bantaran sungai pun dimulai, dengan mengetahui bahwa penduduk situ adalah psyco dan ia harus membiasakan diri disana, dimana kaki berpijak disitu langit dijunjung, bahkan jika budayanya sedikit oddish eccentric. Bahkan ia pun ikut memiliki rumah dengan merenovasi jembatan. Dan sebagai tambahan pengetahuan semua penduduk situ memikili perannya masing-masing, seperti pekerjaanlah. Karena Kou satu-satunya orang yang masih berpendapat dia normal dan penjelasan yang diberikannya selalu diterima Nino maka dia angkat menjadi guru dan membuka sekolah.

Tadinya semua lancar/normal/biasanya saja, sampai assistent Kou datang agar Kou mau kembali keperusahaannya. Namun Kou menolak karena terlibat utang dengan Nino as lovers dan harus tinggal bersama. Dan informasi itu sampai kepada ayah Kou. Ayah Kou ingin membangun ulang jembatan Arakawa, yang artinya ancaman bagi penduduk lokal. Kou kembali ke GOES, perusahaan yang dibentuknya untuk melawan Ichinomiya Company. Walaupun proposal yang diberikan Kou sempat disetujui namun setelah mengetahui bahwa rival dalam proyek ini adalah Ichinomiya Company, perusahaan konstruksi itupun membatalkannya. Hal ini memaksa Kou untuk berbicara langsung dengan ayahnya, namun iya takut karena doktrin ayahnya: " it’s okay you call me anytime, the problem is whether you are worthy or qualified enough to take my precious time". Namun terjadi suatu fenomena, dimana rencana pembangunan kembali bantaran sungai itu di-cancel oleh menteri (???). tentu saja kejadian itu tidak terjadi begitu saja, ada seseorang dibelakangnya. Akhirnya Ayah Kou datang sendiri untuk melihat langsung apa yang dilakukan anaknya sehingga proyek itu dibatalkan. Namun ia bernasib sama dengan Kou saat pertama kali sampai di jembatan itu, dan Nino menolongnya. Seperti Kou, ayahnya juga menolak tawaran Nino.

Chara-chara dalam anime ini sangat beragam. mungkin para pembaca sering melihat anime dengan satu atau sekelompok chara minor yang aneh, namun pada anime ini semua chara totaly weird. Inilah yang unik semua chara memiliki perannya sendiri-sendiri di bantaran sungai ini. Sonchou (Kappa) tugasnya adalah sebagai pemimpin di bantaran sungai, bos, kepala desa, central charismatic. selebihnya tidak ada, mungkin sebagai pelindung desa. Chara berikutnya Nino, tugasnya adalah menangkap ikan. ia meng-claim dirinya sebagai makhluk venus dan memberi suplay ikan bagi warga bantaran sungai. Hoshi, dulunya ia adalah seorang bintang, solo singer tepatnya. namun karena awam musik ia berhenti dan belajar musik di bantaran sungai, pekerjaannya memainkan musik (entertaiment). Sister, seorang laki-laki berprofesi sebagai sister (suster???) menurut beberapa informasi dulunya ia adalah seorang tentara. sister mengelola gereja dan tugas gereja. Shiro, dinamakan begitu karena hanya berjalan di garis putih. dulunya ia adalah seorang pegawai kantoran. Tetsujin Brother, 2 saudara dengan kaleng di kepala mereka. menurut mereka, mereka memiliki kekuatan fisik khusus sehingga mereka memakai kaleng besi di kepala mereka agar tidak terdeteksi. P-Ko, dangerous clumsy girl. tugasnya adalah sebagai suplay sayuran. dia bercocok tanam. Maria, tugasnya adalah menjalankan peternakan dan menyindir pria sampai hatinya berdarah-darah. dulunya ia adalah pembunuh ba masih dirahasiakan. Stella, cute, powerful, small, yakuza. anak yatim dari Inggris. kadang-kadang kalau marah badannya akan membesar, ia membawahi Kou, Tetsujin Brother, Hoshii. ada tiga penghuni lagi yang muncul di EP.2 dan EP.13 saja.

Jadi apapun mereka, mereka sudah meninggalkan kehidupan lamanya dan menjalani kehidupan barunya. Melawan arus dari konstruksi sosial yang ada.

Seperti biasa, shaft selalu memberikan sentuhan visual yang menarik. Warna-warna yang disajikan tidak terlalu flashy, lebih sederhana namun konstan. saya jadi ingat karya lama yang tak pernah ingin ku share disini (hanya di bukumuka saja). Warnanya sangat sederhana, seperti inilah tipenya kira-kira.. yang menarik lagi adalah cara pewarnaan mereka di awal setiap episode..

Bicara soal musik, BGM yang disajikan tidak begitu banyak. Namun sangat pas untuk membangun suasana, comedy scene maupun yang serius. Opening Song diisi dengan Venus&Jesus oleh Etsuko Yakushimaru, aura yang dibawanya tenang tapi sudah mewakili kisahnya. Openig kedua untuk ep. 5 Think up a title yourself , oleh Miyuki Sawashiro (Maria). Ending song diisi dengan Sakasama Bridge oleh Sunoehair, lagunya sangat catchy, beatnya pun pas untuk ending. Video untuk OP. dan ED nya pun ikut mendukung.

Sebenarnya alur ceritanya sangat sederhana tentang kehidupan aneh di bantaran sungai. Full entertaiment, kita tidak perlu banyak berpikir mencari arti yang tersirat dari anime ini. Tapi bagaimana doktrin sebuah keluarga itu efeknya besar sekali. ketika masuk kedunia baru bahkan Kou sepertinya sudah tidak perduli lagi dengan doktrin keluarganya itu. inilah yang namanya pengaruh dari bersosialisasi, semua harus serba fleksibel. Doktrin itu ibarat ilmu yang harus ditelan bulat-bulat, jadi tidak memiliki asupan realitas. Ya, itulah saudara, dunia ini tidak selalu ideal.

but, sekedar bertanya..

4 Responses to “Arakawa Under The Bridge”


  1. 1 bumikitta Juli 10, 2010 pukul 4:52 pm

    kenapa jadi edisi bulanan gini?

  2. 2 blackenedgreen Juli 10, 2010 pukul 5:03 pm

    review yang asik, tapi sesederhana-sederhananya anime saya selalu merasa ada yang lebih dari sekedar apa yang kita lihat dengan mata, dan penggarapan ceritanya juga bisa jauh lebih serius daripada… sinetron misalnya^^

    i’m quite an old fart twentysomething, but there’s always a spot for anime…


  1. 1 Working!! « Bokutachi no Chikyuu Lacak balik pada Juli 18, 2010 pukul 5:43 pm
  2. 2 Poisoned Apple « Bokutachi no Chikyuu Lacak balik pada Desember 1, 2010 pukul 9:14 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: