Working!!

Working adalah serial anime yang diangkat dari manga yonkoma atau komik 4-panel karya Karino Takatsu dengan julul yang sama. Airing dari 6 Maret sampai 27 Juni 2010, satu paket anime spring dengan Arakawa Under The Bridge. masih tergolong baru lah. Sekalian update blog, apa salahnya juga buat review. Soal anime ini karena walau dibilang sederhana anime ini termasuk anime terbaik spring ini, walaupun menurut beberapa orang tidak begitu populer.

Konsep awal ceritanya sih tentang kehidupan pekerja restoran keluarga Wagnaria. Berawal saat resto tersebut sedang kekurangan pegawai, Taneshima Poplar (Popular??) yang ditugaskan mencari pegawai baru bertemu dengan Takanashi Souta, atau kalau Poplar yang bilang Katanashi. Takanashi menerima tawaran tersebut karena Takanashi menyukai Poplar yang bertubuh mini. Akhirnya Takanashi mulai bekerja di resto tersebut, awalnya ia merasa biasa-biasa saja namun ada sesuatu yang aneh di resto ini. Mulai dari sang manager yang tidak mengerjakan apa-apa, Poplar yang seharusnya mengajari caranya bekerja sepertinya tidak bisa bekerja, chief, Yachiyo yang membawa katana. Hari berikutnya dengan Inami yang mamiliki androphobia atau takut berlebihan kepada pria, dan mengetahui fakta bahwa Souma adalah orang licik yang kurang-kerjaan. Intinya resto tersebut diisi dengan orang-orang yang tidak biasa.

Restorant ini memiliki satu aturan yaitu tidak boleh jatuh cinta sesama pegawai, karena akan susah mengatur jadwal masuk kerjanya. Ini menunjukkan bahwa Kyouko sang manager tidak begitu strict pada anggotanya. Walaupun dibilang begitu ada banyak kisah cinta tak bersambung disini. Salah satu yang paling menonjol adalah antara chef, Satou dengan Yachiyo pegawai senior di Wagnaria. Sayangnya sepertinya Yachiyo sudah jatuh hati dahulu dengan Kyouko tanpa mengetahui perasaan Satou. diperburuk lagi dengan Yachiyo yang sering curhat pada Satou tentang Kyouko, dan oleh ‘kompor’ Souma pada Satou. Kisah berikutnya antara Takanashi yang mengaku dirinya bukan lolicon namun minicon yang juga mengaku tidak suka dengan wanita diatas 12tahun dengan Inami yang phobia pria. Dengan modus awal memperbaiki sifat Inami yang phobia pria Takanashi pada episode akhir akhirnya mulai menyukai Inami, walaupun ia langsung menyangkalnya, karena Inami sudah diatas 12tahun dan tidak imut.

Pada episode-episode awal ceritanya masih seputar Takanashi dengan Poplar. Jadi prediksi awal-ku adalah Takanashi X Poplar walau sebagai kisah sampingan keseharian Resto. Namun sejak Ep. 2 munculnya Inami, sudah jelaslah cerita ini akan berakhir dengan Takanashi X Inami, dan ternyata di Ep. 13 terbantah lagi, tidak ada yang jadi. Sebenarnya saya mengoleksi Working!! tanpa melihat previewnya, asal ngambil aja. Jadi sejak melihat Ep.1 prediksi kedepanku akan ada persaingan usaha resto dengan back-up preman disini. Walaupun plotnya biasa namun, yang namanya komedi itu selalu berisi hiburan. jadi disetiap episodenya anda akan selalu tertawa, tidak perlu berpikir elemen komedinya yang biasa.

Chara-chara dalam anime inilah yang special, karena semua dapat part anehnya masing-masing. Takanashi Souta, pria minicon. karena semua keluarganya diisi cewek-cewek masa kecilnya jadi agak melenceng dan dirancang dengan pakaian cewek dan boneka. anehnya visualisasi Takanashi Kotori-nya (Takanashi Souta versi cewek) mirip dengan kakak-kakaknya + big boobs-nya. Taneshima Poplar, cewek berumur 17tahun namun secara visual masih 12tahun dengan rambut menawan hati nan lembut (info: Satou dan pelanggan di Ep.1), suka dengan Takanashi Kotori sebagai sosok idola. Mahiru Inami, cewek dengan phobia dengan pria yang berasal dari doktrin ayahnya agar Inami tidak menyukai pria dan diam-diam melatih tangannya agar kuat. sebenarnya agak aneh membiarkan makhluk buas seperti ini bekerja dikator bersama anda, setiap kali melihat pria ia akan memuluknya dengan tangannya yang terlatih itu, walaupun lama kelamaan ia mulai menguranginya sampai 4 kali saja dalam satu hari itu pun hanya pada Takanashi saja

Berikutnya adalah Shirafuji Kyouko, manager Wagnaria. tidak bekerja prioritasnya adalah melindungi pegawai. dulunya dia mantan preman dan punya banyak pengikut, dari pada menager, lebih baik disebut bodyguard. Todoroki Yachiyo, keturunan pembuat katana. tapikan itu tidak bisa dijadikan alasan membawa katana kemana saja, bahkan sejak kecil dahulu. memiliki unsur lesbian dengan Kyouko, alasannya karena dulu pernah ditolong. ia juga tidak akan membiarkan Kyouko direbut orang, dengan katananya itu. orangnya sih sedikit bodoh dan tidak sensitif. Satou Jun, pria dengan paras seperti Zoro di One Piece ini adalah chef di Wagnaria. orang yang paling ahli mempermainkan Poplar dan juga orang yang paling sabar di Wagnaria, namun ada kalanya ia tidak sabar dan pulang. Souma Hiromi, seorang chef juga. Berbeda dengan Satou, Souma lebih easy-going dan memiliki peran sebagai pusat gosip. Kemampuannya ini dimanfaatkanya untuk menyebar black-mail kepada rekan kerja yang lain, kecuali Kyouko dan Satou. walaupun Souma tahu rahasia Satou ia tidak pernah mengancam Satou. mungkin untuk alasan ‘menghormati’. General Manager, Otoo Hyougo, jarang berada di tempat karena sibuk mencari istrinya yang hilang di pusat perbelanjaan, tapi entah mengapa ia pergi mencarinya keseluruh jepang. kalau ia pulang sering membawa oleh-oleh. oleh-olehnya pernah berupa manusia, Yamada Aoi. Ia bertemu dengan Otoo di perjalanan, dan dalam keadaan ‘kemalangan’. orangnya sangat tergila-gila dengan kehidupan drama. ia menganggap Yachiyo sebagai Ibu dan Otoo sebagai Ayah. dari gayanya ia terlihat seperti orang kaya yang ingin mencari kehidupan baru. Dan satu lagi pegawai yang sering terlihat namun baru diperkenalkan di Ep. 13 adalah Matsumoto Maya, meng-claim diri sendiri sebagai orang yang paling normal di Wagnaria, namun karena usahanya agar terlihat normal malah terlihat sedikit clumsy.

Dari keluarga Takanashi, diisi oleh cewek semua. Takanasi Kazue, seorang pengacara sekaligus pengacara, kakak tertua. Takanashi Izumi, sedang menulis novel dan sangking sibuknya sampai tidak sempat mengurus diri sendiri bahkan tidak kuat berdiri, kakak kedua. Takanashi Kozue, pemabuk yang sering diputuskan pacarnya, kakak ketiga. Taneshima Nazuna, adik Souta yang baru 12 tahun namun lebih tinggi dari Souta (172cm) dan aku sendiri. walaupun masih 12tahun namun diantara saudaranya yang lain Souta lebih mengandalkan Nazuna dalam pekerjaan rumah sehari-hari..

Art, tidak ada yang terlalu istimewa CG yang ditampilkan juga biasa. Namun walaupun biasa tetap menarik, karena untuk anime yang bergenre slice of life seperti ini lebih cocok yang sederhana. Coba kalau anime di persenjatai dengan CG yang luar biasa menawan hati, akan mengganggu mata kecuali untuk keperluan parodi. Kalau dibilang art-nya mirip dengan Azumanga Daioh, namun warna agak lebih cerah.

Untuk soundnya, saya cukup terkesan. walau tidak banyak BGM tapi untuk anime slice of life, BGM cocok sekali. Walaupun menurut ku BGMnya tidak begitu membantu membentuk comedy scene, tapi cukup memberntuk suasana nyaman saat menonton (seperti kesan dunia yang enak-enak damai aja). OP-nya diisi dengan Someone Else oleh Kana Asumi, Saki Fujita and Eri Kitamura (Taneshime Poplar, Mahiru Inami, dan Todoroki Yachiyo. cukup catchy, dan lucu. ED-nya diisi dengan Heart no Edge ni Idomou Go to Heart Edge oleh Jun Fukuyama, Daisuke Ono and Hiroshi Kamiya (Takanashi Souta, Satou Jun, Souma Hiroomi. kalau yang ini kebanyakan aku skip sih. tapi di episode awal menurutku cukup menarik, walau cepat bikin bosan. ED Ep. 9 diisi dengan Golden Days oleh Saki Fujita (Mahiru Inami).

Banyak yang menarik dari Working!!, walaupun sebenarnya saya agak merasa kurang pas dengan Ending penutupnya. Walau judulnya Working!! namun sebagian besar yang ditunjukkan adalah keseharian mereka bermain, tidak bekerja pada umumnya. dan entah mengapa pula resto mereka selalu banyak pengunjung dengan kondisi pegawai seperti itu. Dan sekali lagi saudara, seperti halnya Arakawa Under The Bridge, di anime ini juga terdapat doktrin dari orang tua yang mengacaukan kehidupan anaknya. maka dari itu hati-hatilah saat menasehati anak.

0 Responses to “Working!!”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About me

me

I am currently 25 years old. Some old post maybe not relevant to current situation, and will not be updated. you may look for comment section or ask me anything.

timeline

Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

GALLERY

Eid Mubarak Illya
Eid Mubarak Illya
full size

Happy Birthday Miku

full size

Contact

aacom_jaksen@yahoo.com

bumikitta.wordpress.com

Arsip


%d blogger menyukai ini: